917 Jemaah Haji Sultra akan Diberangkatkan ke Tanah Suci, Kendari Terbanyak

HALUANSULTRA.ID, KENDARI – Setelah sempat mengalami penundaan pemberangkatan akibat wabah Covid-19, kini jemaah haji di seluruh Indonesia kembali bersiap menuju ke tanah suci. Nah di Sulawesi Tenggara (Sultra) tahun 2022 mendapat jatah 917 orang. Dari jumlah tersebut Kota Kendari memililki calon jemaah haji terbanyak sebanyak 294 orang atau 37,20%.

Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Kendari, Muhammad Lalan Jaya mengatakan, tahun ini kuota jemaah haji Kota Kendari mengalami penurunan. Hal ini disebabkan karena adanya kebijakan dari Arab Saudi terkait pembatasan kuota dan usia jemaah.

“Alhamdulillah semua sudah melakukan semua rangkaian penyelesaian dokumen, administrasi, dan pemeriksaan kesehatan tahap II,” katanya Kamis (26/5/2022).

Untuk mempersiapkan segala kelengkapan dan kebutuhan jemaah, Kemenag Kota Kendari juga akan menyelenggarakan manasik haji yang di selenggarakan pada 26 Mei, 4 Juni, serta pemantapan regu dan rombongan pada 5 Juni 2022 mendatang. Mereka akan diberangkatkan 22 Juni mendatang melalui Embarkasi Haji Makassar lalu terbang ke Makkah. Calon haji terbagi dalam tiga kelompok terbang (kloter) yakni kloter 6, 7, dan 8.

“Untuk pelaksanaan bimbingan manasik tahun ini dilaksanakan sebanyak 6 kali pertemuan. 2 kali manasik massal yang dilaksanakan Kemenag Kota Kendari, dan 4 kali manasik kelompok yang dilaksanakan di tingkat kecamatan,” tuturnya.

Lebih lanjut Lalan mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Kota (Pemkot) Kendari dalam hal ini Walikota beserta seluruh jajarannya, yang telah mendukung pelaksanaan kegiatan pembangunan agama. “Harapannya seluruh calon jemaah bisa mengikuti seluruh rangkaian acaranya, sebagai bahan ilmu dan pengetahuan dalam menjalankan seluruh rangkaian ibadah di Makkah nantinya,” jelasnya.

Reporter : Erviana

Tinggalkan Balasan