Timnas U-17 Vs Malaysia U-17 : Menanti Sejarah Baru

HALUANSULTRA.ID – Kemenangan 2-0 yang diraih Timnas U-17 saat laga melawan Palestina, mengkokohkan skuad Bima Sakti dipuncak klasemen. Kini masih ada satu pertandingan tersisa di Grub B melawan Malaysia yang dijadwalkan Minggu 9 Oktober 2022 pukul 20.00 WIB. Jika menang, timnas U-17 Indonesia tentu langsung mengamankan tiket ke putaran final Piala Asia U-17 tahun depan. Nah ini adalah sejarah baru dalam sepak bola Indonesia. Untuk kali pertama sepanjang sejarah, Indonesia berhasil lolos di Piala Asia pada tiga level kelompok umur. Sejauh ini, timnas Indonesia sudah mengamankan tiket lolos ke Piala Asia dua level kelompok usia pada tahun ini.

Sebelumnya, Timnas Indonesia U-20 melangkah ke putaran final Piala Asia U-20 2023 setelah menjadi juara Grup F dalam fase kualifikasi yang digelar di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, 14 hingga 18 September 2022. Kemudian melalui pelatih yang sama, Shin Tae-yong mengantarkan Tim Garuda senior melangkah ke putaran final Piala Asia yang tentunya juga digelar pada 2023. Kembali ke Timnas U-17, Kemenangan atas Palestina ini membuat Timnas Indonesia U-17 tambah kukuh di puncak klasemen Grup B dengan nilai 9.

Tiket lolos ke putaran final Piala Asia U-17 dari Grup B akan ditentukan pada pertandingan terakhir. Timnas Indonesia U-17 akan bersua Malaysia, Minggu (9/10/2022). Harimau Malaya kini berada di urutan kedua dengan nilai tujuh. Timnas Indonesia U-17 hanya perlu hasil imbang saja pada pertandingan terakhir kontra Malaysia nanti untuk memastikan diri lolos ke putaran final Piala Asia U-17 di Bahrain tahun depan.

Pelatih Bima Sakti menyebutkan jika anak asuhnya harus tampil prima. Meski meraih hasil bagus kontra Palestina, menurut Bima, permainan timnya menurun saat melawan Palestina. Tanda-tanda itu sudah terlihat sebelum bertanding sehingga menjadi hal yang akan diwaspadai pada laga pamungkas melawan Malaysia. “Memang dari kemarin sampai tadi tanda-tanda sudah kelihatan, performa sedikit menurun dan banyak PR yang harus diperbaiki saat melawan Malaysia nanti. Yang penting bisa menang dan kami fokus untuk pertandingan melawan Malaysia,” ucap Bima Sakti.

Sementara itu, Malaysia juga sukses mendulang kemenangan. Harimau Muda -julukan Timnas Malaysia U-17- berhadapan dengan UEA di pertandingan ketiga. Berlaga di tempat yang sama dengan Timnas Indonesia U-17 vs Palestina pada 7 Oktober 2022 pukul 16.00 WIB, Harimau Muda menang tipis atas UEA dengan skor 3-2. Dengan kemenangan itu, Malaysia pun juga memiliki peluang untuk lolos ke putaran final dengan predikat sebagai juara Grup B. (HS)

Tinggalkan Balasan