Kadis PTSP Buka Gunung Jati Expo Tahun 2022

HALUANSULTRA.ID,KENDARI- Mewakili Pj Wali Kota Kendari, Kadis PTSP Kota Kendari Maman Firmansyah, membuka secara resmi Gunung Jati Expo tahun 2022 di Lapangan bola Kelurahan Gunung Jati, Jumat (16/12/2022). Yang ditandai dengan pemukulan gong, kemudian kunjungan ke beberapa stand pameran UMKM. Maman Firmansyah mengungkapkan, Pemerintah Kota menyambut baik kegiatan ini. “Karena kegiatan ini kami anggap positif bagi masyarakat Gunung Jati, kegiatan ini eventnya kelurahan, tetapi kerangka modelnya hampir sama event kota maupun kabupaten,” katanya. Dia juga menuturkan, bahwa Dinas Pariwisata Provinsi Sulawesi Tenggara ingin mengubah mindset yang ada di Gunung Jati selama ini. “Orang-orang di luar sana selalu berpikir Gunung Jati negatif.

Tetapi sebenarnya ada banyak potensi disini. Mulai dari anak muda,karang taruna, ibu-ibu dan juga UMKM. Oleh karena itu, kami menyambut baik event positif yang di gelar masyarakat di wilayah ini” ungkap Kadis PTSP Kota Kendari. Maman berharap, kegiatan ini bisa dilanjutkan mengingat event ini merupakan bentuk kerjasama antara Dinas Pariwasata Provinsi, DPRD Provinsi,
Pemerintah Kota Kendari maupun Kecamatan dan Kelurahan. Sementara itu, Lurah Gunung Jati Alimudin, menjelaskan “Kegiatan ini kita gagas bersama dengan Dinas Pariwasata Provinsi dengan tujuan yang sama, yaitu untuk mengembangkan UMKM yang ada di Kelurahan Gunung Jati,” jelasnya.

Alimudin, menyampaikan tujuan yang kedua adalah melestarikan dan menjaga kearifan lokal. “Utamanya, silat Muna dan juga beberapa tarian yang tampil hari ini yang kurang terekspos di luar Kota, dengan adanya event ini kita berupaya dengan pemerintah se-Kecematan Kendari agar bisa mengembangkan dan memunculkan kearifan lokal bukan cuman di Muna. Tetapi di Gunung Jati juga ada kearifan lokal yang masih dilestarikan ,” tutupnya. Hadir juga dalam kegiatan ini Perwakilan Kadis Pariwisata Provinsi, anggota DPRD Provinsi, Kadis Sosial Kota dan beberapa Camat dan Lurah. (HS)

Tinggalkan Balasan