Tekan Inflasi Jelang Natal dan Tahun Baru, Pemda Konsel Gelar Pasar Murah

HALUANSULTRA.ID, KONAWE SELATAN – Demi menekan inflasi serta menjaga stabiltas harga barang kebutuhan pokok jelang Natal dan Tahun Baru (Nataru). Pemerintah Kabupaten Konawe Selatan (Konsel) melalui Dinas Perdagangan dan Perindustiran (Disperindag) menggelar pasar murah di Kelurahan Palangga Kecamatan Palangga, Rabu, 21 Desember 2022.

Wakil Bupati Konsel, Rasyid, saat membuka kegiatan mengatakan, pasar murah dilaksanakan untuk masyarakat Konsel yang belum perna tersentuh bantuan sosial. Seperti BLT DD, BPNT dan jenis bantuan lainnya. “Jadi pasar murah ini untuk warga yang tidak tersentuh bantuan,” kata Rasyid.

Rasyid menginginkan, pasar murah dapat mengurangi beban serta bermanfaat bagi masyarakat. Mantan anggota DPRD Sultra ini memastikan, pemerintah akan selalu mendampingi rakyat dalam pemulihan ekonomi. “Harapannya, angka inflasi di Konsel ini tidak lebih tinggi dari pusat,” kata Rasyid.

Sementara itu, Asisten II Setda Konsel, selaku Ketua Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Dr Sahlul mengatakan, kegiatan pasar murah bakal dilaksanakan pada 20 titik di wilayah Konawe Selatan. “Pasar murah dibuka hari ini dan akan berakhir 31 Desember, ” kata Sahlul.

Selain menekan inflasi, Sahlul menuturkan, kegiatan ini sebagai bentuk kepedulian paska kenaikan bahan bakar minyak (BBM). Mantan Kepala BKAD Konsel ini menyebut bahan pokok yang dijual dalam pasar murah itu yakni Beras, Minyak Goreng, Terigu, Mie instan, Telur, dan Susu kental manis.

“Kita melibatkan distributor seperti Indomaret, PT Wings dan penggilingan padi masyarakat, dengan subsidi dari perusahaan 30 persen dari harga barang dan kabupaten 70 persen melalui dana DID,” bebernya.

Ditempat yang sama, Kadis Perindag Saribana mengatakan kegiatan pasar murah kedepan bakal digelar di balai-balai desa. ” Untuk titik pasar murah kita akan melihat wilayah-wilayah dengan skala prioritas, ” kata Saribana.

Saribana menyebut harga bahan pokok di pasaran hingga saat ini masih terpantau stabil. “Alhamdulillah harga bahan pokok di pasar belum ada yang menujukan kenaikan,” sebutnya.

Untuk diketahui turut hadir dalam kegitan itu, Ketua Tim Penggerak PKK Hj Nurlin Surunuddin, Kadis Pariwisata Adiwarsyah, Kepala Bapenda Nibanurahim, Inspektur Daerah Narlian, Camat Palangga serta seluruh kepala Desa se-Kecamatan Palangga.

Penulis:Ely

Tinggalkan Balasan