Pemkot Resmikan Pembangunan dan Rehabilitasi Sekolah Se-Kota Kendari

HALUANSULTRA.ID,KENDARI – Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Kendari Ridwansyah Taridala bersama Ketua DPRD Kota Kendari Subhan, meresmikan pembangunan dan rehabilitasi gedung sekolah tingkat TK/PAUD, SD dan SMP se-Kota Kendari, yang berlangsung di halaman SMP Negeri 13 Kendari, Senin (09/01/2023).

Ridwansyah Taridala berharap, pembangunan dan rehabilitasi gedung sekolah, dapat memberikan harapan peningkatan proses belajar mengajar. “Saya harapkan fasilitas tadi yang merupakan sarana pendidikan pelajar, bisa berguna untuk mendukung proses belajar mengajar,” tutur Sekda Kota Kendari.

Pemkot mendukung adanya perbaikan untuk meningkatkan layanan mutu pendidikan. “ Insya Allah Pemerintah Kota Kendari, komit untuk menyiapkan secara bertahap sesuai dengan kemampuan daerah, Alhamdulillah ini melalui DAK,” kata Ridwansyah Taridala.

Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dikmudora) Kota Kendari Saemina dalam laporannya mengatakan, bantuan pembangunan dan rehabilitasi ini menggunakan Dana Alokasi Khusus (DAK) tahun 2022.

Saemina berharap, dengan Dana Alokasi Khusus ini, dapat membantu sekolah dalam memenuhi standar pelayanan minimal, mampu mencapai standar nasional pendidikan, dan mampu menekan angka putus sekolah di Kota Kendari.

“Melalui sarana dan prasarana, serta dalam meningkatkan akses layanan dan mutu pendidikan di Kota Kendari ini, yang juga diharapkan akan berdampak pada peningkatan angka partisipasi pendidikan jenjang PAUD, SD dan SMP dan angka putus sekolah,” ungkap mantan kepala SMPN 2 Kendari itu.

Dana DAK ini, dipergunakan untuk peningkatan proses belajar mengajar, untuk tiga jenjang pendidikan, dengan rincian yaitu, Pertama adalah alokasi anggaran DAK tahun 2022 untuk tingkat PAUD Rp1,3 miliar, untuk jenjang pendidikan SD Rp16,9 miliar dan untuk jenjang pendidikan SMP Rp9,3 miliar.

“Total alokasi DAK untuk tahun 2022 ini adalah berjumlah Rp27,5 miliar,” tutur Saemina. Sementara itu, untuk jumlah gedung yang dibangun dan direhabilitasi pada tingkat PAUD yaitu, pembangunan ruang UKS 7 ruangan untuk 7 PAUD, pengadaan alat permainan edukasi 14 paket untuk 14 PAUD di Kota Kendari.

Selanjutnya jenjang SD, rehabilitasi ruang sekolah 29 ruang untuk 7 sekolah, dan rehabilitasi ruang perpustakaan 10 ruang untuk 10 sekolah. Pembangunan toilet 4 unit untuk 4 sekolah, pembangunan ruang laboratorium komputer untuk 9 sekolah, serta pengadaan peralatan Teknologi Informasi atau TIK sebanyak 65 paket untuk 65 sekolah.

Sementara itu, pembangunan dan rehabilitasi di jenjang SMP 18 ruang untuk 4 sekolah dan rehabilitasi ruang perpustakaan serta rehabilitasi laboratorium Ilmu Pengetahuan Alam atau IPA, pengadaan ruang laboratorium IPA Biologi dan Fisika. (HS)

Tinggalkan Balasan