Membanggakan! Tiga Siswa MAN IC Kendari Raih Beasiswa Pertamina Tahun 2023

HALUANSULTRA.ID – Tiga siswa MAN Insan Cendekia Kota Kendari, Dina Aulyah S. Riastami dan Aulhia Putri Ramadhani pada program studi hubungan internasional, serta Wa Izzah Azzahra mengambil prodi teknik geologi, meraih beasiswa generasi juara di Unviersitas Pertamina Jakarta Tahun Akademik 2023/2024. Kepala MAN Insan Cendekia Kota Kendari, Dr. H. Muhammad Naim, S. Pi., M. Pd, mengaku bersyukur dan bangga atas prestasi yang telah dicapai oleh ketiga siswanya. “Alhamdulillah, selamat kepada para siswa yang telah dinyatakan lulus dalam seleksi masuk Universitas Pertamina Jakarta melalui Beasiswa yang 100% atau bebas dari biaya pendidikan,” ucapnya, dilansir dari laman resmi Kemenag Sultra, Senin 27 Maret 2023.

Menurut Kepsek, MAN Insan Cendekia Kota Kendari sebagai kampus prestasi mandiri islami, sejak didirikan dan mulai beroperasi tahun 2016, terus berbenah dalam rangka meningkatkan kualitasnya. Hal ini dapat dilihat dari berbagai prestasi yang telah ditorehkan, baik oleh siswa maupun alumni MAN IC Kota Kendari yang tidak hanya pada tingkat lokal, nasional, bahkan internasional. Beasiswa yang didapatkan ini, lanjut Muhamad Naim, merupakan sesuatu yang istimewa karena biasanya beasiswa diperoleh hanya 50% dari biaya pendidikan. “Semoga pada tahun-tahun berikutnya, kami terus meningkatkan kualitas dan kuantitas, agar alumni bisa masuk perguruan tinggi favorit, tidak hanya yang ada di Indonesia namun juga perguruan tinggi yang berada di luar negeri,” jelasnya.

Beasiswa generasi juara adalah beasiswa Universitas Pertamina yang diberikan kepada siswa-siswi yang memiliki prestasi akademik, maupun non-akademik yang sangat baik di Sekolah Menengah Atas (SMA) atau sederajat. Beasiswa ini dibuka bagi lulusan SMA atau sederajat yang memiliki prestasi tingkat kota/kabupaten, provinsi, nasional maupun tingkat internasional dalam bidang kompetisi yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Kementerian Agama maupun kompetisi mandiri lainnya yang dipertimbangkan oleh Universitas Pertamina.

Salah seorang siswa peraih beasiswa, Dina Aulyah S. Riastami, mengaku sangat senang dan bersyukur. Ini merupakan impiannya yang ingin melanjutkan study di wilayah Jawa. “Ketika saya tahu lolos beasiswa di Universitas Pertamina itu benar-benar telah mewujudkan impian saya selama ini, saya sangat bersyukur diberi kesempatan kuliah di Universitas Pertamina, saya harap ini bisa menjadi motivasi bagi saya untuk terus semangat dalam menuntut ilmu ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi demi membanggakan kedua orang tua, guru-guru, dan sekolah,” kata, putri pasangan dari Syaiful Riastami, ST dan Rita Basrun.

Demikian pula Aulhia Putri Ramadhani. Anak pertama dari dua bersaudara ini sangat bersyukur bisa meraih beasiswa tersebut. Anak dari pasangan Fitra-Sitti Aisyah ini siap menuntaskan kuliah di Universitas Pertamina Jakarta. “Alhamdulillah, hal ini saya tidak sangka, semoga kesempatan emas ini menjadi yang terbaik untuk saya kedepannya,” ucapnya.

Sementara, Wa Izzah Azzahra, mengatakan mendapatkan beasiswa 100 persen tentu merupakan idaman setiap anak yang ingin melanjutkan pendidikan. Meski begitu, keputusan belum bisa diambil sebab ia masih menunggu pengumuman Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP). “Kalau lolos SNBP, dengan berat hati saya akan mengundurkan diri dari beasiswa ini, tapi kalau tidak lolos Insyaa Allah beasiswa ini akan saya ambil. Semoga saya dapat diberikan yang terbaik,” tutup anak pertama dari dua bersaudara dari pasangan bapak Dr. Ir. Syam Rahadi, S.Pt., M.P., M.M., IPM dan Trias Oktavia Reni, S.Pt. (HS)

Tinggalkan Balasan