Ini Harapan Pj Wali Kota Kendari Pada Penyelenggaraan Pemilu 2024

HALUANSULTRA.ID,KENDARI – Usai pengambilan sumpah ini, Penjabat (Pj) Wali Kota Kendari Asmawa Tosepu menitipkan harapan agar, pesta demokrasi di Kota Kendari pada 2024 berjalan bebas, adil, dan jujur. Kendari

Asmawa Tosepu menilai, pelaksanaan pemilu 2024 nantinya, tidak hanya dilaksanakan secara prosedural. Dirinya mengharapkan, agar penyelenggara pemilu dapat memahami ketentuan perundang-undangan pelaksanaan pemilu.

“Bapak, ibu, saudara saudara baik PPS maupun PPK, adalah salah satu ujung tombak pelaksanaan pesta demokrasi yang nanti akan menentukan warna demokrasi kita lima tahun ke depan. Pelantikan hari ini bukan hanya sekedar kebanggaan, tetapi ada rasa tanggung jawab yang besar untuk melaksanakan tanggung jawab yang termuat dalam fakta integritas,” ujar Asmawa Tosepu.

Dirinya mengingatkan pelaksanaan pemilu yang merupakan pelaksanaan kedaulatan rakyat untuk lima tahun ke depan ini, mesti berjalan dengan jujur, bebas, baik dan adil sesuai dengan peraturan Undang-Undang. Lanjutnya, seperti yang tertuang pada pasal 456, Undang-Undang Nomor 7 tahun 2017 tentang Pemilihan Umum dan menaati kode etik pemilu.

“Saya berharap kepada seluruh stakeholder agar bisa bersinergi dalam pemilu tahun 2024 ini, dengan memahami tugas-tugas fungsinya secara profesional dan peraturan perundang-undangan yang berlaku,” jelasnya.

Pada pemilu 2024 ini juga, Kepala Biro Umum Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) ini, meminta keterlibatan PPS dan PPK untuk mengikutsertakan masyarakat dalam prosesnya, agar proses pemilihan umum yang bebas dan adil tercapai. Untuk diketahui, terdapat sekitar 600 Panitia Pemungutan Suara atau PPS yang dilantik hari ini. (HS)

Tinggalkan Balasan