Rakor Inflasi, Mendagri Minta Kepala Daerah Jaga Harga Beras dan Minyak Goreng

HALUANSULTRA.ID,KENDARI – Menteri Dalam Negeri Muhammad Tito Karnavian, memimpin rapat koordinasi pengendalian inflasi. Rapat berlangsung secara daring diikuti lembaga terkait dan para kepala daerah di Indonesia. Pemkot Kendari mengikuti kegiatan ini secara daring di Ruang Rapat Wali Kota, Kendari, Rabu (08/02/2023).

Rapat ini diikuti Pj Wali Kota Kendari Asmawa Tosepu, Sekretaris Daerah Kota Kendari Ridwansyah Taridala. Mendagri meminta, kepala daerah untuk terus menekan angka inflasi di daerah, sehingga target inflasi nasional sebesar 3-4 persen bisa tercapai pada 2023. Menurutnya harga beras dan minyak goreng, harus menjadi perhatian karena komoditas tersebut memengaruhi angka inflasi.

“Angka inflasi kita turun dari Desember 5,51 persen turun ke angka 5,28 persen. Ini penurunan yang signifikan dari September 5,95 persen, Oktober 5,57 persen, kemudian November turun ke 5,4 persen,” ungkapnya.

Dia juga meminta, para kepala daerah untuk menjaga harga beras dan minyak goreng, sesuai arahan Presiden pada rapat kabinet beberapa waktu lalu. Sementara itu, Perum Bulog menyatakan, siap melakukan operasi pasar jika dibutuhkan.

Langkah awal yang akan dilakukan pihak Bulog, ialah menyalurkan beras Stabilisasi Pasokan dan Harga Pangan (SPHP), di pasar hingga ke tingkat pengecer. Hal ini dilakukan untuk melakukan stabilisasi harga beras, yang belakangan ini cenderung meningkat.

Muhammad Tito Karnavian berharap, jika pemerintah bisa menekan angka inflasi hingga 4 persen, maka diharapkan stok kebutuhan masyarakat tersedia dan harga terjangkau. Turut hadir dalam rapat tersebut, Kepala BPS Marini dan Tim Pengendali Inflasi Kota Kendari. (HS)

Tinggalkan Balasan