Pemkot Tangerang Selatan Study Tiru ke Pemkot Kendari tentang Pengembangan Metaverse

HALUANSULTRA.ID,KENDARI – Rombongan Pemkot Tangerang Selatan (Tangsel) mengunjungi Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kendari, untuk melakukan study tiru tentang smart city. Rombongan Pemkot Tangerang Selatan diterima oleh Asisten III Pemkot Kendari Makmur, di Ruang Command Center Kantor Balai Kota, Kendari, Rabu (22/02/2023).

Kunjungan Pemkot Tangerang dipimpin oleh Asisten I Pemkot Tangsel Dadang Raharja. Turut serta dalam kunjungan ini, sejumlah staf ahli untuk belajar tentang pengalaman Pemkot Kendari mengembangkan teknologi metaverse.

Pertemuan ini, diawali dengan pemutaran video tentang profil Kendari dan sambutan dari Asisten III Pemkot Kendari Makmur. Ia menyampaikan, Pemkot Kendari bangga menjadi lokasi studi tiru dari Pemkot Tangerang Selatan.

Menurutnya, seharusnya Pemkot Kendari yang harus banyak belajar dari Tangerang, karena lebih maju. “Harusnya kami yang banyak belajar ke Tanggerang Selatan, terkait program Pemkot Kendari memang sejak pemerintahan sebelumnya sudah mencanangkan Kendari sebagai smart city,” ungkap Makmur.

Sementara itu, Kepala Dinas Kominfo Kendari Fadlil Suparman menjelaskan, saat ini Pemkot Kendari masih belajar untuk menjadi kota cerdas. “Saat ini Pemerintah Kota Kendari sedang menyusun rencana kerja sama dengan Kabupaten Sumedang, untuk pengembangan teknologi informasi sesuai arahan Pak Presiden, terkait pengembangan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE),” jelasnya.

Ia menambahkan, saat ini Pemkot Kendari masih terus memperbaiki indeks SPBE yang masih di bawah angka 3, sehingga itu yang menjadi salah satu prioritas pada 2023. Tentang teknologi metaverse yang sempat diperkenalkan sebelumnya, terjadi kesalahan teknis pengembangannya, sehingga tidak ditindaklanjuti.

“Renstra 2023-2026 mengacu pada target peningkatan indeks SPBE 2023 kami menargetkan 2,7, namun itu masih rendah menurut Wali Kota, sehingga beliau mematok harus di atas tiga,” jelas Kadis Kominfo. Kegiatan ini, ditutup dengan pertukaran cinderamata antara Pemkot Kendari dengan Pemkot Tangsel. (HS)

Tinggalkan Balasan