Terbaik II Pengelolaan Keuangan 2022, Dispora Sultra Raih Penghargaan dari Gubernur

HALUANSULTRA.ID – Dinas Kepemudaan dan Olahraga (Dispora), Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) kembali meraih penghargaan lingkup OPD Pemprov, dalam rangka pemberian apresiasi oleh Gubernur atas kinerja pengelolaan keuangan selama tahun 2022. Dinas yang dipimpin H. Trio Prasetio Prahasto tersebut meraih peringkat terbaik kedua dimana serapan anggaran mencapai 97,63 persen. Ini merupakan reward kedua, setelah tahun 2021, Dispora juga menempati peringkat kedua dibawah Diskominfo. Bahkan saat itu, Dispora Sultra juga mendapat penilaian sebagai bendahara terbaik pertama.

Penghargaan ini diserahkan langsung oleh Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra), Ali Mazi, usai membuka membuka Rakor evaluasi APBD semester II tahun 2022 dan percepatan pelaksanaan APBD semester I tahun 2023, se-Kabupaten/Kota dan OPD Prov Sultra yang dilaksanakan di Hotel Claro Kendari, Senin 13 Maret 2023. Dispora Sultra masuk dalam penilaian kategori sedang yaitu, kategori dengan pagu anggaran sebesar Rp 22 – Rp 49 miliar. Peringkat pertama, Dinas Kominfo Sultra dengan pencapaian realisasi anggaran sebesar 98,40% Kemudian, Dinas Kepemudaan dan Olah Raga dengan pencapaian realisasi anggaran sebesar 97,63%. Dan peringkat ketiga, Dinas Pariwisata dengan pencapaian realisasi anggaran sebesar 96,83%.

“Alhamdulillah. Ini merupakan hal yang sangat membahagiakan buat kami. Apa yang telah dicapai bukanlah semata-mata hasil kerja individu, namun merupakan hasil kerja keras dan sinergi dari seluruh perangkat yang bekerja secara kolaboratif dibawah koordinasi BPKAD,” ujar Kadispora Sultra, H. Trio Prasetio Prahasto, di ruang kerjannya, Senin 13, Maret 2023. Kadis menjelaskan, anggaran tersebut banyak terserap melalui beberapa program.

Misalnya, program penunjang urusan pemerintahan, program pengembangan kapasitas daya saing kepemudaan, program pengembangan daya saing keolaragaan dan program pengembangan kapasitas kepramukaan. “Intinya kami bersyukur serapan anggaran di tahun 2022 bisa diraih dengan sangat baik. Semoga di tahun 2023 juga bisa melaksanakan kegiatandan meningkatkan kinerja untuk lebih baik lagi,” pungkasnya.

Turut hadir dalam rakor tersebut, Dirjen Bina Keuangan Daerah, Kepala Pusdatin Kemendag RI, Forkopimda, Kajati, Danrem, Danlanal, Danlanud Kendari, Kapolda, Kepala BPK Perwakilan Sultra, Kakanwil Ditjen Perbendaharaan, Kepala OPD, Bupati/ Walikota, Ketua DPRD, Sekda Kab/Kota se-Sultra. Dalam kegiatan rakor yang diinisiasi oleh BPKAD Prov. Sultra, diawali dengan pemberian penghargaan kepada pemerintah kab/kota dan OPD lingkup Pemprov. Sultra dalam rangka pemberian apresiasi oleh Gubernur Sultra atas kinerja pengelolaan keuangan selama tahun 2022. Dalam sambutannya, Gubernur, H. Ali Mazi menjelaskan, berdasarkan data BPS menunjukkan pertumbuhan ekonomi Sultra tahun 2022 sebesar 5,53%. Ini lebih tinggi dibandingkan pertumbuhan ekonomi nasional sebesar 5,31%.

Hal ini lanjut Gubernur, mencerminkan peningkatan capaian kinerja semua elemen pembangunan dalam mendorong pertumbuhan ekonomi pasca pandemi covid 19 tahun 2022, sekaligus menjawab tiga isu besar pembangunan di tahun 2023. Pertama, penurunan angka kemiskinan. Kedua, prevalensi penurunan stunting dan ketiga, revitalisasi pendidikan vokasi guna menyiapkan sumber daya manusia yang kompeten dan berdaya saing.

“Setiap OPD selalu saya ditekankan untuk memaksimalkan program yang berimbas pada serapan anggaran. Persoalan rendahnya serapan pasti akan berdampak langsung bagi masyarakat karena program pemerintah jadi tersendat. Terkadang program ini bersentuhan dengan kebutuhan yang mendesak bagi publik,” kata Ali Mazi.

Gubernur pun berharap, setiap kepala OPD lingkup Pemprov Sulawesi Tenggara agar mempercepat realisasi anggaran, dengan tetap memperhatikan transparansi dan akuntabilitas, sehingga program-program yang telah direncanakan dapat segera dirasakan oleh masyarakat. Termasuk melaporkan realisasi serapan anggaran dan progres fisik melalui biro administrasi pembangunan. “Saya harap seluruh OPD bisa memaksimalkan kinerja,” tutup Ali Mazi. (HS)

Tinggalkan Balasan