Trans Studio Makassar Terbakar, Puluhan Orang Dilarikan ke Rumah Sakit

HALUANSULTRA.ID – Kebakaran terjadi di Trans Studio Mall, Jalan Metro Tanjung Bunga, Kecamatan Tamalate, Kota Makassar, Sulawesi Selatan pada Senin (24/4/2023) petang. Kobaran api langsung membuat panik sejumlah pengunjung dan pedagang yang berada di dalam mal. Sejumlah pengunjung terpaksa dilarikan ke rumah sakit. Informasi dihimpun, terdapat puluhan pengunjung yang dilarikan ke Rumah Sakit Siloam, Makassar yang lokasinya tak jauh dari TSM. Mereka yang dilarikan ke rumah sakit terdiri dari anak-anak hingga dewasa. Bahkan dalam video amatir, sejumlah pria terkapar di lantai.

Belum diketahui jumlah pasti pengunjung yang dievakuasi ke rumah sakit. Hingga saat ini pula, petugas Dinas Damkar Makassar masih fokus pada pemadaman dan evakuasi. Sehingga hingga saat ini belum ada keterangan resmi dari mereka, dan pihak terkait. Sekadar diketahui, Trans Studio Mall (TSM) Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel) terbakar. Pengunjung pun berlarian mencari tempat aman.

Salah satu pengunjung TSM, Limo, mengatakan, ia bersama lainnya berlari ke jalan raya untuk menghindari kobaran api dari dalam gedung mal. “Lari ke jalan raya semua. (Tapi) tidak tahu saya (pengunjung) yang ada di dalam,” kata Limo kepada Herald Sulsel, Senin 24 April 2023. Beberapa pengunjung TSM sudah ada yang berhasil keluar dari dalam mal. Selanjutnya mereka mencari tempat aman dari kobaran api. “Sudah keluar dari TSM. Sudah di jalan,” jelasnya. Hingga kini para pengunjung masih berusaha menyelamatkan diri untuk keluar dari gedung TSM.

Sementara, Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto mengatakan, berdasarkan data sementara korban kebakaran gedung Trans Studio Mal (TSM) Makassar, tercatat sebanyak 32 orang.
“Jadi 17 orang di Rumah Sakit Siloam dan beberapa lainnya di puskesmas. Sementara 32 orang,” ujar Ramdhan di halaman TSM Makassar, Senin (24/4/2023) malam. Dilansir dari laman Republika, Kebakaran TSM Makassar diduga dipicu korsleting listrik.

Berdasarkan keterangan Direktur Utama (Dirut) Trans Kalla Makassar, Max Kambuan musibah kebakaran diduga dipicu korsleting listrik atau arus pendek di salah satu both foto pada lantai satu gedung setempat. “Kebakaran dipicu arus pendek di salah satu booth yang berbahan kertas. Memang dibuat replika menara Eiffel dihiasi lampu untuk swafoto. Dari rekaman video beredar memang panas lampu yang menimbulkan asap hingga terbakar,” ujarnya.

Pada saat kertas itu terbakar, kata dia, api mengalir ke atas membuat both yang disiapkan berfoto-foto naik ke atas hingga both itu terjatuh hingga membuat kepanikan pengujung. Saat ditanyakan bagaimana dengan antisipasi kebakaran apakah sudah disiapkan Hydran maupun Apar dan berfungsi, kata dia berdalih, itu berfungsi. “Kalau saya lihat tadi dari dalam selangnya terbuka semua, semua berfungsi, banjir tadi di atas. Kalau jumlah pengunjung Mal yang datang hingga tadi diperkirakan tiga ribuan orang. Soal penanganan korban tentu kami lihat nanti, kami bertanggung jawab,” papar dia kepada wartawan. (HS)

Tinggalkan Balasan