Kapal Bermuatan 53 Penumpang, 9 ABK Rute Menui-Kendari Mati Mesin di Tengah Laut

HALUANSULTRA.ID – KM Dua R kapal bermuatan 53 penumpang dengan 9 ABK mengalami mati mesin di sekitar perairan Pulau Saponda Laut, Minggu 28 Mei 2023. Plt Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan (KPP) SAR Kendari, Hidayat, menuturkan seluruh penumpang bersama ABK dalam keadaan selamat setelah beberapa jam terombang ambing di laut.

Ia menjelaskan, Comm Centre Basarnas menerima laporan soal KM Dua R, Minggu 28 Mei 2023 sekira pukul 13.12 Wita telah mengalami kerusakan mesin induk. Kapal tersebut berangkat dari pulau Menui Sulawesi Tengah tujuan Kota Kendari. Dalam perjalanan mesin kapal tiba-tiba mati. Meski diperbaiki mesin induk tidak bisa berfungsi.

Berdasarkan laporan tersebut, Tim Rescue KPP Kendari diberangkatkan menuju LKP dengan menggunakan RIB untuk memberikan bantuan SAR. “Pada pukul 15.30 Wita Tim SAR Gabungan tiba di perairan Pulau Saponda dan langsung melakukan pencarian namun Kapal KM Dua R tidak diketemukan,” katanya.

Nah, pada pukul 15.51 Wita, lanjut Hidayat, Basarnas menerima informasi dari seorang penumpang posisi KM Dua R sudah bergeser sekitar 11 NM arah utara dari lokasi awal. Setelah menerima informasi tersebut KNP 370 dan RIB menuju LKP namun pada pukul 16.30 Wita KNP 370 kembali ke Kendari akibat terkendali mesin induk yang mengalami kebocoran.

“Kami pun memberangkatkan KN SAR Pacitan menuju lokasi. Dan pukul 18.00 Wita KN SAR menemukan KM Dua R dalam keadaan di Towing oleh KM Alingka selanjutnya dievakuasi oleh KN SAR Pacitan,” bebernya. Untuk diketahui, seluruh penumpang berjumlah 53 orang dan 9 orang ABK telah tiba di depan Dermaga Kontainer Bungkutoko Kendari. (HS)

Tinggalkan Balasan