ILC Gelar Polling Sudah Lima Kali, Ganjar Baru Sekali Kalahkan Anies

HALUANSULTRA.ID- Indonesia Lawyers Club (ILC) sudah lima kali menggelar polling capres sejak Desember 2022. Baru sekali Ganjar Pranowo mengalahkan Anies Baswedan.Dari lima kali polling lewat Twitter tersebut, skor sementara 4-1-0. Artinya, Anies menang empat kali. Ganjar Pranowo menang sekali. Prabowo Subianto selalu di posisi ketiga. Belum pernah menang. Pada 19 Desember 2022, ILC membuka polling dengan pertanyaan, “SEANDAINYA PILPRES DIADAKAN SAAT INI, SIAPA PILIHAN ANDA?” Ada 57.145 akun yang berpartisipasi.

Hasilnya, Anies unggul telak dengan 59 persen. Ganjar yang berada di posisi kedua terpaut sangat jauh, 18 persen. Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto di posisi ketiga dengan 15 persen. Prabowo Subianto di posisi buncit dengan hanya mendapat dukungan 8 persen. Lebih sebulan kemudian, tepatnya 31 Januari 2023, ILC kembali membuka polling dengan pertanyaan, “SETELAH ANIES DAPAT TIKET CAPRES 2024, SIAPA CAPRES PILIHAN ANDA JIKA PEMILU DILAKSANAKAN SAAT INI?” Polling ini diikuti 19.969 partisipan.

Hasilnya, Anies Baswedan kembali unggul telak, 83 persen. Ganjar 10 persen dan Prabowo 7 persen. Dua polling berikutnya juga dimenangkan Anies secara telak, 65 persen dan 77 persen. Prabowo dan Ganjar tidak ada yang mencapai 20 persen. Baru hari ini, Ganjar Pranowo mampu menumbangkan Anies Baswedan. Ganjar Pranowo sukses melakukan revans terhadap Anies Baswedan dalam polling Indonesia Lawyers Club (ILC).

Sebelumnya beberapa waktu lalu, Anies unggul telak. Polling dilakukan melalui Twitter. Dibuka dengan pertanyaan, “Setelah Presiden Jokowi menanyakan ke Surya Paloh, siapa Cawapres Anies? Anies pun melenggang. Lantas, siapa Capres pilihan anda?” Polling tersebut dibuka sejak Jumat, 21 Juli 2023. Tercatat ada 110.955 partisipan yang terlibat dalam polling tersebut. ILC mencantumkan tiga nama bakal capres dalam polling tersebut. Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto berada di urutan pertama. Posisi kedua ditempati jagoan PDIP yang juga Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo.

Mantan Gubernur DKI Jakarta sekaligus mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Anies Baswedan ditempatkan pada nomor urut ketiga. Setelah berlangsung 24 jam, Ganjar Pranowo unggul dengan 43,8 persen. Selisih tipis dengan Anies Baswedan di posisi kedua dengan 40,4 persen.Prabowo yang tak pernah unggul dalam berbagai polling di media sosial, juga tetap berada di posisi ketiga. Menteri pertahanan itu hanya mendapatkan dukungan 15,8 persen. (HS)

Tinggalkan Balasan