Pemerintah Kota Kendari Tata Kawasan Kali Kadia Untuk Jadikan Kawasan RTH

HALUANSULTRA.ID- Pemerintah Kota Kendari kembali menata kawasan kali Kadia dengan melakukan kerja bakti, bersama sejumlah OPD dengan membersihkan sampah yang ada di sekitar kali Kadia, Jumat (28/7/2023). Pj Wali Kota Kendari Asmawa Tosepu menyampaikan, kawasan Kali Kadia ini akan dibangun sebagai ruang terbuka hijau. Kawasan ini didesain agar bisa dimanfaatkan dan dinikmati oleh masyarakat Kota Kendari secara khusus dan masyarakat secara umum.

“Ini adalah harapan kita, sekali lagi kami mohon dukungan kepada semua stakeholder, semua masyarakat Kota Kendari. Untuk penataan kawasan, sebagaimana Kota Kendari memiliki kawasan yang bisa menjadi icon baru dalam rangka penataan dan pengembangan Kota Kendari,” ujarnya. Kabid Kebersihan Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Kota Kendari Kasman Marewa menuturkan, kegiatan bersih-bersih kawasan kali Kadia ini akan terus dilakukan.

Sejak pukul 06.00 pagi mereka sudah langsung turun bersama sejumlah petugas kebersihan serta tim DLHK dengan mencuci area joging track dari sisa lumpur yang menempel. Tak ketinggalan tim OPD juga ikut membantu pembersihan kawasan Kali Kadia di beberapa titik sesuai lokasinya masing-masing.

“Kami sudah seminggu ini melaksanakan aksi bersih-bersih kawasan Kali Kadia, utamanya kalinya, agar bersih dari sampah yang mengapung atau terbawa air,” ungkapnya. Kabid Kebersihan DLHK Kota Kendari berharap, masyarakat yang tinggal di sekitar kali Kadia untuk menjaga kebersihan kali dengan cara tidak membuang sampah sembarangan, apalagi langsung membuang di kali.

“Kita ketahui, sejumlah kali besar yang ada di Kota Kendari bermuara ke laut, sehingga kalau kita membuang sampah sembarangan apalagi di sungai atau kali, akan berdampak kotornya Teluk Kendari, tentunya kami tidak inginkan itu terjadi. Mari kita jaga kebersihan utamanya disekitar kita,” harapnya. (HS)

Tinggalkan Balasan