Berprestasi, Satu Siswi MAN Insan Cendekia Kota Kendari Raih Beasiswa Kuliah ke Luar Negeri

HALUANSULTRA.ID – Satu siswi MAN Insan Cendekia Kota Kendari kembali lolos Program Beasiswa Turkiye Scolarships Burslari di Hacettepe University, Ankara, Turkiye Tahun 2023.
Siswi tersebut bernama Wa Izzah Azzahra. Wa Izza masuk Perguruan Tinggi di Hacettepe University, Ankara, Turkiye pada Faculty of Engineering Jurusan Geological Engineering (Teknik Geologi) melalui Program Beasiswa full yang meliputi biaya hidup, asrama, kursus bahasa, asuransi kesehatan, tiket PP, dan biaya kuliah dari Pemerintah Turki, Turkiye Scholarships Burslari.

Program Beasiswa ini merupakan program beasiswa untuk program S1, S2, S3, penelitian, hingga program bahasa Turki. Beasiswa YTB Turki ini tidak hanya memberikan bantuan biaya pendidikan dan biaya hidup saja, tapi juga menjamin penempatan universitas Hunters nanti. Selain itu, dengan jaringan alumni dunia dan program pengembangan diri yang ditawarkan, Beasiswa Turki Turkiye Burslari juga memberikan pengalaman yang belajar yang berbeda dengan program beasiswa yang lain.

Kepala MAN Insan Cendekia Kota Kendari, H. Muhammad Naim mengapresiasi prestasi Wa Izzah Azzahra yang berhasil meraih beasiswa ke Turkiye. “Atas nama Civitas Akademik MAN Insan Cendekia Kota Kendari, saya mengucapkan selamat kepada anakda Wa Izzah. Insyaa Allah prestasi yang ditorehkan ini akan menjadi dakwah dan memberi motivasi kepada siswa lainnya sehingga juga bisa berprestasi yang sama untuk diterima di perguruan tinggi luar negeri, khususnya kepada para siswa MAN Insan Cendekia Kota Kendari”, kata Muhammad Naim, dikutip dari laman resmi Kemenag Sultra.

Wa Izzah Azzahra, merupakan anak pertama dari dua bersaudara, terlahir dari pasangan bapak Dr. Ir. Syam Rahadi, S.Pt., M.P., M.M., IPM, (Dosen) Fakultas Peternakan di Universitas Halu Oleo dan ibu Trias Oktavia Reni (Wiraswasta). Mereka bertempat tinggal di Perumnas Poasia Blok B/36 Kel. Rahandouna Kec. Poasia Kota Kendari, Sulawesi Tenggara. Program beasiswa Turkiye Scholarships Burslari ini merupakan beasiswa yang diberikan oleh Beasiswa YTB Turki untuk calon mahasiswa sarjana dari berbagai negara, salah satunya Indonesia. Program beasiswa ini memberi kesempatan kepada calon mahasiswa untuk menempuh pendidikan di semua program sarjana di Turki.

Wa Izzah Azzahra punya beberapa prestasi gemilang. Ia merupakan salah satu siswi berprestasi MAN Insan Cendekia Kota Kendari wakil Sultra pada pelaksanaan kegiatan OSN Tingkat Nasional Tahun 2022 yang diselenggarakan oleh Kemendikbud-Ristek. Pada tingkat Provinsi Sulawesi Tenggara, Wa Izzah Azzahra merupakan peraih Medali Emas pada Bidang Kebumian Tahun 2022 dan lanjut pada Tingkat Nasional sebagai Finalis Lomba OSN Bidang Kebumian tahun 2022.

Wa Izzah Azzahra juga merupakan salah satu pengurus OSIS MAN Insan Cendekia Kota Kendari periode tahun pelajaran 2021/2022 sebagai Sekretaris. Selain lolos pada Program beasiswa Turkiye Scholarships Burslari, Wa Izzah Azzahra juga merupakan salah satu dari 3 (tiga) siswa berprestasi yang lolos melalui program Beasiswa Generasi Juara pada Unviersitas Pertamina Jakarta Tahun Akademik 2023/2024.

Beasiswa Generasi Juara adalah jenis beasiswa Universitas Pertamina yang diberikan kepada siswa-siswi yang memiliki prestasi akademik maupun non-akademik yang sangat baik di Sekolah Menengah Atas (SMA) atau sederajat. Beasiswa ini dibuka bagi lulusan Sekolah Menengah Atas (SMA) atau sederajat yang memiliki prestasi tingkat kota/kabupaten, provinsi, nasional maupun tingkat internasional dalam bidang kompetisi yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Kementerian Agama maupun kompetisi mandiri lainnya yang dipertimbangkan oleh Universitas Pertamina.

“Alhamdulillah, saya sangat bersyukur atas kesempatan yang telah diberikan untuk menjadi salah satu awardee Turkiye Burslari Scholarship ini, saya sangat senang bisa mendapatkan kesempatan melanjutkan pendidikan di salah satu perguruan tinggi terbaik di Turki dengan beasiswa ini. Terima kasih kepada kedua orang tua saya atas segala dukungan yang telah diberikan selama ini. Terima kasih sebesar-besarnya kepada kepala madrasah, guru-guru, pembina asrama dan seluruh staf MAN Insan Cendekia Kota Kendari atas segala bimbingan serta dukungan yang telah diberikan selama ini. Dan tak lupa terima kasih kepada Mosferdem, teman-teman angkatan 5 yang sudah menjadi salah satu support system terbaik sejauh ini,” katanya. (HS)

Tinggalkan Balasan