Pemkot Gelar Kemah Eksekutif di Puncak Macan Tipulu

HALUANSULTRA.ID- Pj Wali Kota Kendari membuka perkemahan eksekutif yang diikuti para pejabat di lingkup Pemerintah Kota Kendari. Acara berlangsung di bumi perkemahan Puncak Macan Kelurahan Tipulu Kecamatan Kendari Barat, Sabtu (23/9/2023) sore.

Pj Wali Kota Kendari Asmawa Tosepu menjelaskan, perkemahan eksekutif ini merupakan rangkaian kegiatan HUT ke-78 kemerdekaan Republik Indonesia. Menurutnya, Pramuka dipilih karena merupakan gerakan kepanduan yang memiliki nilai-nilai patriotisme dan nasionalisme, dimana penjenjangannya dimulai dari tingkat sekolah dasar.

Acara ini juga digelar untuk memperkuat solidaritas para pejabat dan pengambil kebijakan di lingkungan Pemerintah Kota Kendari. “Dalam rangka memperkuat, mengokohkan kembali semangat untuk memberikan pelayanan di bidang pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan,” ungkap ketua Mabicab gerakan pramuka Kota Kendari.

Dalam Kemah Eksekutif ini, Pj Wali Kota Kendari mengajak pada para peserta untuk menjalankan ajaran bapak bandu dunia Godin Powel tentang nilai-nilai kepanduan yaitu, cinta alam dan lingkungan serta sesama manusia. Nilai-nilai ini sangat relevan dijalankan dalam aktifitas keseharian.

“Kemah Eksekutif ini bisa diikuti dengan seksama dengan tiga prinsip dasar yang pertama dilaksanakan dalam kondisi ceria dan gembira, yang kedua walaupun dilaksanakan ceria, gembira, kekeluargaan tetapi harus dilaksanakan secara serius, karena ada banyak nilai-nilai yang bisa kita ambil ada banyak manfaat yang bisa kita rasakan dengan mengikuti kegiatan ini dan nilai dasar ketiga yang kita harapkan adalah kebersamaan, silaturahmi inilah nanti yang membangun solidaritas,” katanya.

Pj wali kota berharap, dari puncak Macan ini muncul energi yang besar dalam membangun Kota Kendari tanpa harus menunggu waktu lama, sehingga Kota Kendari bisa sejajar dengan kota lain di Indonesia. Kepala Biro Umum Kemendagri ini mencontohkan, dari puncak Macan ini bisa melihat potensi besar teluk Kendari yang bisa memberikan kesejahteraan bagi masyarakat Kota Kendari.

Setelah kegiatan ini berlangsung, Pj wali kota berharap ada komunitas masyarakat yang menggunakan tempat ini untuk menggelar kegiatan positif. Kegiatan ini juga mendapat dukungan dari ketua DPRD Kota Kendari, Subhan. Anggota DPRD Kota Kendari dua periode ini juga ikut langsung dalam perkemahan. Menurutnya, lokasi perkemahan ini sangat strategis dengan pemandangan yang sangat indah. Utamanya pemandangan teluk Kendari.

“Ternyata masih ada potensi-potensi besar yang luar biasa dimiliki kota ini,” katanya. Ketua DPRD mengaku siap memberikan dukungan agar potensi bumi perkemahan puncak Macan bisa semakin dinikmati masyarakat luas. (HS)

Tinggalkan Balasan