Pj Wali Kota Kendari Terima Penghargaan dari Badan Pertanahan Sulawesi Tenggara

HALUANSULTRA.ID- Penjabat Wali Kota Kendari Asmawa Tosepu menerima penghargaan dari Kantor Wilayah Badan Pertanahan Nasional (BPN) Sulawesi Tenggara atas dukungan pemerintah Kota Kendari terkait percepatan program pembuatan sertifikat gratis untuk masyarakat.

Penghargaan diserahkan Asisten II Pemda Sultra didampingi Kepala Kantor Wilayah Badan Pertanahan Nasional (BPN) Sulawesi Tenggara, pada upacara hari Agraria dan Tata Ruang lingkup Kanwil BPN Provinsi Sultra, Senin (25/9/2023). Kepala Kanwil BPN Sulawesi Tenggara Asep Heri, memberikan apresiasi pada kepala daerah dan Forkopimda yang telah membantu mereka dalam menyelesaikan program strategis nasional ini.

“Program strategis nasional Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) sebanyak 85 ribu. Ini semua berkat support, arahan dan bimbingan dari Pemerintah Daerah Provinsi Sulawesi Tenggara, kabupaten/kota, tak terkecuali juga dari Forkopimda dan pak ketua dewan,” ungkapnya, sebelum memotong tumpeng.

Menurutnya, di tahun 2024 mereka menargetkan akan mensertifikatkan sebanyak 200 ribu bidang tanah, karena masih terdapat sekira 650 ribu bidang tanah yang belum bersertifikat. Butuh dukungan semua pihak untuk menuntaskan kerja ini. Sementara itu, Pj Wali Kota Kendari mengucapkan terima kasih atas penghargaan yang diberikan BPN Kanwil Sultra kepada Pemerintah Kota Kendari.

Pj Wali Kota Kendari Asmawa Tosepu juga memberikan apresiasi pada BPN karena telah membantu Pemerintah Kota Kendari mensertifikatkan aset Pemerintah Kota dan sertifikat bagi masyarakat. Menurutnya, tahun ini Pemkot mengusulkan pembuatan 500 sertifikat untuk fasilitas umum (fasum) dan fasilitas sosial (fasos) ke Badan Pertanahan Negara (BPN).

Pembuatan sertifikat ini, merupakan upaya Pemkot Kendari dalam mewujudkan tertib administrasi dan menjamin legalitasnya. “Banyak fasum dan fasos yang disiapkan oleh pengembang yang sedang kita sertipikatkan. Sehingga fasum dan fasos itu nantinya bisa bermanfaat bagi peruntukkan nya,” ungkapnya.

Selain Pemerintah Kota Kendari, Kanwil BPN Sultra juga memberikan penghargaan serupa pada Lurah Labibia. Hadir juga dalam kegiatan itu Asisten I Pemerintah Kota Kendari Amir Hasan dan Kasat Pol PP Samsu Alam. (HS)

Tinggalkan Balasan