Masuk Tiga Besar Kota Kendari Raih Penghargaan TP2DD Wilayah Sulawesi

HALUANSULTRA.ID- Kota Kendari masuk tiga besar penerima penghargaan Kinerja Tim Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah (TP2DD) 2023 wilayah Sulawesi. Kota Kendari bersaing dengan Kota Makassar dan Manado. Hal ini diumumkan pada Rapat Koordinasi Nasional Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah (P2DD), di Jakarta, Selasa (03/10/2023). Penghargaan ini diberikan oleh Satuan Tugas Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah (TP2DD) bagi pemerintah daerah terbaik dalam pengembangan digitalisasi pada 2023.

Tahun ini kota kendari mampu menunjukkan daya saing dengan kota-kota besar lainnya di wilayah sulawesi yang terlihat dengan penghargaan yang diperoleh. Wakil Presiden (Wapres) K.H. Ma’ruf Amin menekankan pentingnya peran pemerintah daerah selaku Ketua Tim P2DD dalam percepatan digitalisasi di wilayahnya. Salah satunya, melalui inovasi transaksi keuangan daerah berbasis digital yang diharapkan akan meningkatkan pendapatan daerah, transparansi, akuntabilitas pengelolaan keuangan, dan pelayanan publik.

“Seluruh aspek ini tentu akan dapat berkontribusi pada percepatan, bahkan lompatan kinerja pembangunan daerah,” ujarnya saat menghadiri secara virtual seperti dikutip dari laman wapresri.go.id. Sebagai contoh, sebut Wapres, pemanfaatan teknologi digital telah memberikan hasil positif, seperti penyaluran bantuan sosial yang efisien dan peningkatan jumlah pemerintah daerah yang telah mencapai tahap digital.

“Salah satu capaian dari pemanfaatan dan perluasan digitalisasi tersebut adalah tersalurkannya bantuan sosial dengan baik yang memenuhi prinsip 6T, yaitu tepat waktu, tepat sasaran, tepat jumlah, tepat kualitas, tepat harga, dan tepat administrasi,” terangnya. Selain itu, sambung Wapres, pada 2022 indeks Elektronifikasi Transaksi Pemerintah Daerah mencatat peningkatan sebanyak 84 pemda yang telah sampai ke tahap digital. Sehingga, secara kumulatif jumlah pemda yang telah mencapai ke tahap digital sekitar 52% dari total pemda se-Indonesia (HS)

Tinggalkan Balasan