Mudahkan Pelayanan Pajak, Bapenda Sultra Hadir di Tiga MPP Daerah dan 11 Gerai KCP Bank Sultra

HALUANSULTRA.ID – Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) melalui Badan Pendapatan Daerah (Bapenda), terus berkomitmen menghadirkan pelayanan publik prima bagi seluruh masyarakat. Saat ini sudah ada Mal Pelayanan Publik (MPP) sebagai bukti nyata komitmen tersebut. Bapenda kini telah memiliki tiga MPP masing-masing di Kota Kendari, Konawe, Bombana. Sementara satu lagi di Kota Baubau dalam proses. Bukan hanya itu, Bapenda Sultra membuka gerai pada 11 Kantor Cabang Pembantu (KCP) Bank Sultra untuk 5 daerah yaitu di Kota Kendari, Konawe, Konawe Selatan, Baubau dan Kolaka.

Kepala Bapenda Sultra, Mujahidin, mengatakan hadirnya MPP dan gerai di Bank Sultra merupakan sebuah terobosan Bapenda untuk membantu warga, khususnya wajib pajak. Hal ini agar dapat mewujudkan, dan mendukung berjalannya pelayanan publik terhadap masyarakat luas. Artinya, proses pelayanan pembayaran pajak dapat lebih cepat, asal semua syarat terpenuhi. Misalnya, masyarakat membawa KTP sesuai dengan STNK yang sudah di fotokopi. “Jadi sudah ada pegawai Bapenda yang ditugaskan langsung. Ini juga sesuai arahan dari bapak Pj Gubernur Sultra, agar pelayanan terhadap warga menjadi prioritas,” katanya.

Sementara berbicara soal pembukaan gerai Bapenda di KCP Bank Sultra, lanjutnya, tujuannya selain untuk memudahkan seluruh wajib pajak, bisa lebih memangkas jarak sehingga biaya transportasi warga lebih irit. Adapun sarana dan prasarana pendukung seperti komputer, meja hingga internet dibantu dan difasilitasi oleh Bank Sultra. “Semua ini kita lakukan untuk menggejot PAD melalui sektor pajak, sehingga taget pajak bisa tercapai,” katanya.

Sementara itu, Kepala UPTD Samsat Kota Kendari, Ramlah, mengatakan pembukaan gerai telah dilaksanakan bersama pimpinan cabang Bank Sultra. Di Bank tersebut gerai Samsat Kendari berada di dalam kantor utama, berhadapan dengan meja customer service (CS). Letaknya persis di samping kiri petugas teller. Pihaknya pun akan terus memantau perkembangan dari program kerja tersebut. “Warga pemilik kendaraan sekarang kan terus bertambah, jadi pelayanan juga harus prima. Gerai ini kita buka untuk memudahkan warga,” terangnya.

Langkah Pemprov melalui Bapenda tersebut, merupakan bagian dari komitmen untuk meningkatkan pelayanan publik. Bapenda akan terus meningkatkan layanan berdasarkan kebutuhan wajib pajak,
Sementara, Kepala kantor cabang utama Bank Sultra, Dino Morlan Analis, menyambut positif pembukaan gerai Samsat Kota Kendari di Bank Sultra. Pihaknya tidak hanya memfasilitasi sarana dan prasarana pendukung, tetapi juga menyiapkan teller khusus untuk menerima masyarakat yang akan membayar pajak kendaraan bermotor melalui gerai Samsat di Bank Sultra. “Kami memberikan kemudahan dan kelancaran bagi penduduk yang akan membayar pajak kendaraan,” terangnya.

Ia berharap, seluruh pemilik kendaraan bisa memanfaatkan setiap gerai yang telah disiapkan untuk membayar pajak. “Semakin taat masyarakat dalam membayar pajak. Maka semakin cepat pula penyelenggara dan pembangunan daerah untuk kesejahteraan masyarakat,” tutupnya. (HS)

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: