Peduli Warga di Musim Kemarau, Pekat IB Sultra dan TNI Salurkan Air Bersih 4.800 Liter

HALUANSULTRA.ID – Pembela Kesatuan Indonesia Bersatu (Pekat IB) Sulawesi Tenggara (Sultra) bersama Kodim 1417/Kendari membagikan air bersih Salurkan Air Bersih 4.800 Liter secara gratis di Kecamatan Abeli, Kota Kendari, Rabu (08/11/2023).

Gerakan sosial ini, merupakan salah satu bukti dari Pekat IB Sultra dan TNI yang peduli terhadap keluhan masyarakat, juga untuk mengatasi kebutuhan air bersih warga.

Pembagian air bersih itu menyasar rumah warga yang sedang mengalami kekurangan air. Warga pun telihat berlomba-lomba dalam mengambil wadah untuk penampungan air. Sekretaris DPW Pekat IB Sultra, Nisfu Saban, mengatakan tujuan pristribusan air ini adalah untuk membantu masyarakat yang beberapa bulan terakhir kesulitan mendapatkan air bersih.

“Kami disini melakukan pristribusan air untuk meringankan kehidupan masyarakat yang selama ini kekurangan air bersih disebabkan oleh kemarau panjang, dan ini merupakan fasilitas kita dari pihak TNI,” ucapnya.

Dia berharap pemerintah setempat bisa terjun langsung ke lapangan melihat kondisi air masyarakat yang terdampak kekeringan, akibat kemarau panjang. “Kita berharap juga dari ormas lain agar bisa bersinergis dengan kita dan membuka ruang supaya kita sama-sama bisa terjun secara langsung meringankan beban masyarakat yang kekurangan air bersih dikota Kendari ini,” tutur Nisfu.

Sentata dari Kodim 1417/Kendari, Laswandar, mengatakan kegiatan bersama Ormas Pekat IB Sultra sebagai bentuk kolaborasi dengan TNI, terkait pembagian air bersih untuk masyarakat di Abeli.

“Kami ucapan terimakasih kepada Ormas Pekat IB Sultra yang sudah bersinergi dengan TNI menyalurkan air bersih. Saya berharap dengan Bantuan Air Bersih ini dapat meringankan beban warga yang dilanda kekeringan,” ucapanya.

Dia juga berharap Ormas di Kendari ikut terlibat dalam merespon yang di hadapi masyarakat dalam musim kemarau ini.
“Harapan saya ormas-ormas yang lain juga bergabung menyalurkan air bersih, khususnya di Kota Kendari dan masyarakat setempat yang sangat membutuhkan air bersih,” harapnya.

Di tempat yang sama, Warga Abeli Ibu Risna (50) mengatakan di Musim kemarau ini keluhkan air yang jarang mengalir dan selalu membeli air tower untuk kebutuhan hidup.

“Kami bersyukur sekali dengan bantuan penyaluran air bersih ini dari Pekat IB Sultra dan TNI, karena kami kesusahan air bersih selama musim kemarau panjang, semoga ada lagi bantuan selanjutnya, karena kita stengah mati di sini.” tutupnya. (HS)

Tinggalkan Balasan