Pemkot Bongkar Bangkai Kapal Nelayan Rusak di Teluk Kendari

HALUANSULTRA.ID – Dinas Perikanan Kota Kendari bersama sejumlah Organisasi Perangkat Daerah (OPD), melakukan pembersihan bangkai kapal di kawasan teluk Kendari Kecamatan Kendari Barat. OPD yang terdiri dari Dinas Perikanan, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), Dinas Kebakaran (Damkar), Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) dan Dinas Perhubungan, serta pihak kecamatan Kendari Barat, bergotong royong membongkar bangkai kapal nelayan yang rusak.

Kepala Dinas Perikanan Kota Kendari Imran Ismail menjelaskan, pada pembersihan kali ini mereka melibatkan, sedikitnya 150 personil termasuk 1 unit alat berat bantuan pihak swasta. “Agenda untuk pembersihan di Teluk Kendari,” katanya.

Awalnya proses pembongkaran bangkai kapal dilakukan secara manual menggunakan palu dan linggis oleh sejumlah karyawan Dinas Perikanan, namun hasilnya sangat minimal sebab bahan pembuat kapal dari kayu tidak yang bisa dibongkar. Mengingat kayu kapal tersebut sangat keras. Usaha selanjutnya dilakukan Satpol PP menggunakan mesin chainsaw, upaya ini cukup membuahkan hasil karena bisa memotong beberapa bagian bangkai kapal dan berhasil diangkut ke darat, namun sejumlah personel Sat Pol PP harus basah karena menceburkan diri ke laut.

Melibatkan ratusan personel bangkai kapal ditarik secara manual menggunakan tambang, agar kapal bisa ketepian untuk dilakukan pembongkaran. Namun hal itu hanya menggeser sedikit bangkai kapal.

Kemudian dilanjutkan menggunakan mobil truk milik Dinas Pekerjaan Umum, namun lagi-lagi gagal, bahkan tali tambang sempat putus, karena beratnya bangkai kapal tersebut. Aksi pembersihan bangkai kapal pun akhirnya berjalan lancar, setelah Dinas Perikanan mendapatkan bantuan alat berat dari pihak swasta, satu unit excavator. Tak butuh waktu lama alat berat itu bisa mengangkut 3 unit kapal kurang dari 1 jam. (HS)

Tinggalkan Balasan