Sebut Nama Prabowo, Pose 2 Jari, Anggota KPPS Ini Dipecat

HALUANSULTRA.ID – Pose dua jari sambil menyebut nama Prabowo, anggota KPPS di Pangandaran dipecat. Video itu viral di media sosial. Tampak seorang wanita berbaju batik yang diduga anggota KPPS di Pangandaran, mengangkat salam dua jari hingga menyebutkan nama capres nomor urut 2. Video itu diposting di story Facebook bernama Helmy Ocess. Video berdurasi 17 detik itu, panen komentar miring dari warganet, karena sebagai penyelenggara Pemilu.

Ketua KPU Pangandaran Muhtadin, Minggu, 28 Januari 2024 mengatakan, yang bersangkutan adalah salah satu anggota KPPS di wilayah Kecamatan Cigugur, Kabupaten Pangandaran. Muhtadin bilang, dia sudah diberhentikan. “Setelah menerima laporan tersebut, anggota KPPS itu langsung direkomendasikan untuk diganti,” cetusnya. “Langsung kami keluarkan dan meminta PPS untuk mencari gantinya,” ucap dia.

Muhtadin memastikan, anggota KPPS itu tidak lagi bertugas dan terlibat dalam aktivitas panitia pemungutan suara. “Intinya sudah kami pecat,” katanya. Yang bersangkutan kata Muhtadin mengatakan, dia hanya bercanda. “Cuman kami tidak memandang bercanda, karena saat itu sedang bimtek serius dan tidak menunjukkan sebagai citra Pemilu,” katanya. Muhtadin juga mengimbau PPK, PPS hingga KPPS, berhati-hati saat bermain medsos, apalagi dikaitkan dengan arah dukungan. Sebelumnya, dalam video yang diposting di akun medsos Helmy, tampak seorang wanita salam dua jari sambil menyebut nama ‘Prabowo’.

Ketua Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Cigugur, Fuji mengatakan, anggota KPPS yang mengacungkan dua jari dan menyebutkan nama Prabowo itu karena refleks saat membuat story di Facebook. Yang bersangkutan mengunggah itu pada Sabtu, 27 Januari 2024, saat Bimtek di salah satu hotel Pangandaran. “Di hari itu juga jika dilihat di statusnya, ada selfie dengan jari 1, 2 hingga 3,” katanya. (HERALD)

Tinggalkan Balasan