Pj Wali Kota Kendari : Kampung Anak Sejahtera untuk Cegah Stunting

HALUANSULTRA.ID – Penjabat (Pj) Wali Kota Kendari, Muhammad Yusup, melaunching Kampung Anak Sejahtera di Kelurahan Punggaloba. Kegiatan yang mengusung tema “Cegah Stunting Melalui Kampung Anak Sejahtera” ini dilaksanakan di halaman Kantor Kecamatan Kendari Barat.

Dalam sambutannya, Muhammad Yusup mengatakan, Kota Kendari menjadi satu-satunya dan yang pertama membentuk Kampung Anak Sejahtera di Sulawesi Tenggara. “Ini sangat luar biasa, mungkin di Indonesia baru beberapa yang membentuk Kampung Anak Sejahtera ini, ini adalah bentuk perhatian pemerintah terhadap masyarakatnya dalam rangka mencegah stunting,” ujarnya.

Menurut Pj. Wali Kota Kendari, program ini bisa menjadi langkah awal untuk menginisiasi kabupaten/kota yang ada di Sulawesi Tenggara untuk bisa melakukan hal yang sama. “Ini adalah salah satu program pemerintah dalam rangka mencegah stunting di negara kita, isu stunting bukan lagi menjadi tanggung jawab Kementrian Kesehatan tetapi sudah menjadi tanggung jawab semua,” tambahnya.

Pj. Wali Kota Kendari berharap, Kampung Anak Sejahtera ini bisa melibatkan semua unsur atau instansi yang kiranya bisa membantu dalam mencegah stunting berkembang di Sulawesi Tenggara khususnya di Kota Kendari. Sementara itu, Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Fitriani Sinapoy mengungkapkan, tujuan dari kegiatan ini adalah untuk mengefektifkan pelaksanaan strategi pengarustamaan gender secara lebih konkrit dan terarah.

Hal tersebut akan memperkuat peran pemerintah dalam mewujudkan 4 aspek, yaitu aspek akses, partisipasi, kontrol dan manfaat yang dimana akan dilakukan secara setara antara perempuan dan laki-laki serta berkontribusi pada terwujudnya keadilan dan kesetaraan gender. “Kemudian ini juga untuk meningkatkan wawasan dan kesadaran masyarakat mengenai kesehatan anak dan kesehatan reproduksi perempuan dalam mewujudkan kesetaraan dan tumbuh kembang yang optimal dan membuka akses pangan yang layak bagi anak,” ujarnya. (HS)

Tinggalkan Balasan