Provinsi Sultra : Wilayah Kaya Sumber Daya Alam, Layak Siap jadi Tuan Rumah Munas Kadin

KENDARI, HALUANSULTRA.ID — Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia akan menggelarkan Musyawarah Nasional (Munas) VIII untuk memilih Ketua Umum baru yang diagendakan Juni 2021. Sulawesi Tenggara (Sultra) pun sangat siap menjadi tuan rumah.

Jika resmi ditetapkan sebagai penyelenggara, lokasi Munas akan berlangsung di Kota Kendari. Sarana dan prasarana yang dimiliki daerah yang menjadi ibu kota provinsi tersebut sangat menunjang. Sudah banyak penyelenggaraan event berskala nasional bahkan dunia dilaksanakan. Misalnya, Kongres PAN, Hari Pangan Sedunia di Sultra kedatangan 40 Dubes, MTQ Nasional, HUT TNI AL yang dihadiri Kasal dan banyak lagi kegiatan lainnya. “Daerah kita sangat siap ya jadi tuan rumah. Kami akan menyukseskan Munas ini,” kata Ketua Umum Kadin Sultra, Anton Timbang.

Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) memiliki potensi dari sisi perikanan, pertanian, pertambangan, pariwisata dan industri. Khusus untuk pariwisata satu diantaranya ada wisata sungai terpendek di dunia.

Potensi pertanian terdiri dari susbsektor tanaman pangan, perkebunan dan holtikultura terdiri dari kakao, mete, kelapa sawit, dan kelapa. Subsektor peternakan terdiri dari komoditas, sapi dengan ratusan ribu ekor, produksi daging unggas, dan daging itu sendiri. Kemudian, subsektor perikanan dan kelautan terdiri dari hasil penangkapan, ikan tuna, udang, ikan tongkol, ikan putih, kepiting, rumput laut dan lainnya.

Ada juga potensi dari sisi pariwisata..Misalnya, wisata alam Segi Tiga Karang Dunia di Wakatobi yang sudah menjadi 10 destinasi di Indonesia. Kemudian, ada destinasi Pulau Bokori dan Pantai Toronipa di Kabupaten Konawe yang sangat indah jaraknya pun dekat dari ibukota provinsi.

Selanjutnya, ada Pantai Nambo dan Kebun Raya di Kota Kendari, Pulau Labengki dan Air Panas Wawolsea di Kabupaten Konawe Utara, Goa Liangkobori dan Meleura di Kabupaten Muna. “Lalu, ada sungai terpendek di dunia yaitu di Tamborasi, Kabupaten Kolaka, 1.000 Goa di Buton Tengah, Pulau Ular di Buton Selatan, Pulau Kabaena di Bombana.

Selai itu, Sulawesi Tenggara memiliki Air Terjun Wawoni di Kabupaten Konawe Kepulauan, dan Taman Nasional Rawa Aopa, Pantai Tanjung Taipa, hingga Air Terjun Moramo di Kabupaten Konawe Selatan.

Tinggalkan Balasan