Demo Kecam Penganiayaan Warga Oleh Oknum TNI AU di Merauke, Mahasiswa Papua di Kendari : Kita Semua Sama

HALUANSULTRA.ID — Puluhan mahasiswa dan mahasiswi asal Papua melakukan aksi demo #PapuanLivesMatter, Senin (2/8/2021). Demo ini buntut dari peristiwa penganiayaan terhadap seorang warga orang asli Papua (OAP) penyandang disabilitas di Merauke oleh dua orang oknum prajurit TNI AU beberapa waktu lalu.

Massa aksi melakukan long march dari Asrama Papua hingga ke Simpang Tiga Kampus Baru Universitas Halu Oleo Kendari. Dalam orasinya, mereka meminta pemerintah dan negara kembali kepada nilai-nilai luhur bangsa yang tertuang dalam Pancasila dan UUD 1945.

Koordinator Lapangan, Denias Wanimb menegecam keras aksi tersebut. Ia mengatakan, negara harus mengedepankan semangat musyawarah dalam menyelesaikan masalah yang ada di Tanah Papua. Itu lebih baik daripada menggunakan tindakan militeristik yang justeru berdampak buruk pada masyarakat Papua. Selain itu, mahasiswa Papua juga menuntut agar semua pihak yang terlibat dalam pelanggaran hak asasi manusia (HAM) di Papua untuk diadili di pengadilan. “Hentikan perlakuan rasis kepada masyarakat Papua karena kita semua sama. Kita adalah satu,” tegasnya. (HS)

Tinggalkan Balasan