Pelatih Takraw PON Sultra : Kepercayaan Diri Atlet Punya Pengaruh Besar di Lapangan

HALUANSULTRA.ID — Cabang olahraga Sepak Takraw baru saja menuntaskan tri out di empat daerah dalam provinsi. Dalam laga uji coba tersebut, ada beberapa hal yang menjadi bahan evaluasi demi memaksimalkan performa saat laga puncak PON Papua yang akan dibuka secara resmi 2 Oktober 2021.

Pelatih Takraw PON Sultra, Heriansyah menuturkan tujuan utama dari laga uji coba untuk melihat sejauh mana perkembangan selama sebulan mengikuti Pelatda. Nah, empat daerah dipilih yaitu Kolaka, Muna, Buteng dan Baubau sebagai lawan tanding karena memiliki atlet bagus. “Hasilnya itu, kalau dari tehnik ada kekurangan yaitu terkait bagaimana mematangkan pertahanan, servis dan smash masing-masing,” katanya, kepada haluansultra.id, Kamis (19/8/2021).

Lalu soal taktik dab strategi lanjut dia, masih perlu ditingkatkan hal ini mengenai pola apa saja dalam menyerang juga bertahan. Kemudian yang tidak kalah penting atau paling utama adalah mental. Sebab walaupun atlet yang akan dihadapi non unggulan namun jika memiliki mental bagus akan memberikan pengaruh signifikan saat pertandingan. “Rasa percaya diri itu harus ada. Jika menurun berpengaruh besar pada tidak maksimalnya teknik bertarung saat laga di lapangan,” sambungnya.

Untuk agenda selanjutnya, kata Hery, akan dilakukan peningkatan performa per individu. Termasuk, memaksinalkan kondisi fisik. “Minggu depan kami sudah masuk pada kompetisi utama. Seminggu kita benahi, semua harus kita matangkan sebelum berangkat ke Papua,” tandasnya. (HS)

Tinggalkan Balasan