Gubernur Resmi Lantik Rusman-Bahrun Sebagai Bupati dan Wakil Bupati Muna 2021-2026

HALUANSULTRA.ID – Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra) H. Ali Mazi melantik Bupati dan Wakil Bupati Muna terpilih periode 2021-2026, Rusman Emba-Bahrun Labuta, Kamis (02/9/2021) di Aula Merah Putih Rumah Jabatan Gubernur. Pelantikan yang menerapkan protokol kesehatan ini berdasarkan Keputusan Menteri Dalam Negeri nomor 131.74-4027 Tahun 2021, tanggal 31 Agustus 2021.

Gubernur Ali Mazi mengatakan, pasca dilantik Bupati dan Wakil Bupati adalah milik seluruh masyarakat. Artinya, pejabat terpilih bukan lagi milik kelompok tertentu sebab pemimpin terpilih adalah milik seluruh rakyat. “Saya ucapkan selamat dan sukses atas pelantikan ini. Saya sebagai Gubernur berharap Muna lebih baik. Begitu pun warga Muna pasti seperti itu dan kita harus bangga dan bahagia menyambut kehadiran pemimpin daerah, dengan mandat, dan semangat kepemimpinan,” kata Ali Mazi saat memberi sambutan.

Gubernur menginginkan, usai dilantik mulai hari ini Bupati dan Wakil harus mampu merangkul seluruh elemen masyarakat dan menunjukan kinerja demi kesejahteraan. Tidak boleh lagi cerita mendukung dan atau tidak mendukung. Semua harus memberi support pasangan pemenang. “Mari kita menyatukan niat, dan menyelaraskan gerak langkah nyata,” sambungnya.

Secara general, pelantikan berjalan dengan baik, semua ketua komisi DPRD Muna hadir dan sebagian tokoh masyarakat muna juga hadir yang di undang secara khusus dan terbatas, karena pembatasan dan dalam rangka mematuhi protokol kesehatan.

Selain itu, Wakil Gubernur Sultra Dr. H. Lukman Abunawas, SH., M.Si., MH juga tampak hadir. Sekertaris Daerah Sultra Dr. Hj. Nur Endang Abbas, M.Si juga hadir, para kepala OPD baik hadir secara fisik maupun hadir virtual melalui aplikasi zoom. Di barisan kiri tanpak Forkopimda juga hadir pada seremony pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Muna tersebut.

Gubernur selaku pembina pemerintah kabupaten/kota meminta Bupati dan Wakil Bupati Muna bersama seluruh jajaran birokrasi, legislatif dan TNI/Polri, stakeholders terkait lainnya dan seluruh masyarakat, dapat bahu membahu dalam menggerakkan berbagai program dan kegiatan pembangunan. Selain itu, lanjut Gubernur, momentum pelantikan ini, harus dimaknai sebagai awal dimulainya membuktikan janji-janji politik yang telah disampaikan pada saat kampanye di pilkada tahun 2020 yang lalu.

“Saudara berdua harus bekerja ekstra siang malam agar masyarakat bisa merasakan kinerja yang saudara pimpin, bisa merasakan kehadiran pelayanan pemerintahan yang baik, yang melayani dan bukan untuk dilayani,” tegasnya.

Ali Mazi pun mengajak Bupati dan Wakil Bupati bersama seluruh elemen masyarakat untuk bersama membangun Kabupaten Muna dengan berpijak pada pesan falsafah leluhur yaitu, dapo moa moa sioho (saling mengasihi), dapo angka-angkatau (saling menghormati), dapo adha-adhati (saling menghargai), dapo pia-piara (saling asah, asih, asuh dan tenggang rasa), so kae tahaano liwu, so kataano namisi (untuk kemajuan daerah dan untuk kebaikan bersama). (HS).

Tinggalkan Balasan