Baru Dayung Sumbang Medali Resmi untuk Sultra, 3 Cabor Gugur, Senin Silat dan Bulutangkis Technical Meeting

HALUANSULTRA.ID — Pekan Olahraga Nasional (PON) telah resmi dibuka. Terdapat 37 cabang olahraga (cabor) dan 11 cabang olahraga eksibisi dipertandingkan pada empat klaster penyelenggaraan. Selain Kota Jayapura, pertandingan PON XX Papua juga berlangsung di Kabupaten Jayapura, Kabupaten Mimika, dan Kabupaten Merauke.

Meski pertandingan baru dibuka, Sabtu (2/9) malam, beberapa Cabor sudah melaksanakan pertandingan lebih awal. Pertandingan khusus untuk Sulawesi Tenggara (Sultra) saat ini sudah mengoleksi 2 emas, 1 perak dari target tujuh emas. Medali hadir baru dari cabang olahraga dayung. Emas melalui Burhan, C1 1000 meter. Lalu emas kedua datang dari dayumin C1 200 meter dan perunggu, dihasilkan Cano 2 Putra 1.000 meter pasangan Muhammad Burhan dan Sofianto. Sedangkan medali perak sepak takraw belum ada keputusan apakah ekshebisi atau resmi.

Pundi-pundi medali tentu masih bisa bertambah. Masih ada 11 Cabor diharapkan bisa menyumbang medali. Yaitu, Dayung, Bermotor, Silat, Karate, Sepak Takraw, Softball Putri, Atletik, Selam, Renang, Bulutangkis dan Menembak. “Satu Cabor itu kan mengikuti beberapa nomor. Nah, kita berharap masih ada tambahan medali. Kalau tiga Cabor masing-masing, Taekwondo, Muaythai dan Panjat Tebing sudah gugur. Termasuk softball putra, takraw beregu dan beberapa kelas Cabor dayung. Tanpa medali,” kata Sekum KONI Sultra, kepada haluansultra.id di Kota Jayapura, Minggu (3/10/2021).

Jadwal pertandingan sudah dipegang oleh para pelatih dan ada pula yang masih harus melakukan technical meeting seperti Silat dan Bulutangkis. Pelatih PON Pencak Silat Sultra, Adam Malik, menuturkan siapa lawan yang akan dihadapi belum bisa dipastikan sebab Senin (4/9) baru diadakan pengundian. “Kita bertanding itu tanggal 6. Itu sudah pasti, lawan manapun kita harus siap,” katanya.

Sementara Pelatih Bulutangkis Sultra, Robin, mengungkapkan laga perdana akan berlangsung 5 Oktober untuk nomor beregu. “Kami juga Senin (4/9) baru laksanakan technical meeting. Sementara jadwal untuk tunggal itu mulai 9 September,” jelasnya. (HS)

Tinggalkan Balasan