Dispora akan Gelar Seleksi Atlet, Pelatih dan Asisten Cabor PPLP di Sultra

HALUANSULTRA.ID — Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) akan menggelar seleksi atlet, pelatih dan asisten untuk cabor yang berada dalam Pusat Pembinaan dan Latihan Pelajar (PPLP) periode 1 Juli 2022. Berdasarkan data yang ada kegiatan ini akan diikuti 6 Cabor yaitu Dayung, Pencak Silat, Bulutangkis, Taekwondo, Karate dan Atletik. Dari total tersebut, kuota atlet 40 orang, sementara pelatih dan asisten 10 orang.

Kabid Bidang Pembinaan Prestasi Dispora Sultra, Jamaruddin mengatakan, kegiatan ini akan berlangsung 29 November 2021 di Kota Kendari. Ini merupakan program dari Kementerian Olahraga yang telah disahkan oleh Presiden RI tentang design besar olahraga nasional (DBON).

Sehingga seluruh pembina PPLP diminta untuk melakukan penyesuaian mengacu pada grand design 14 cabor. “Untuk Sultra hanya bisa menampung 6 Cabor. Kuota enam, Cabor PPLP kita ada 4. Nah kita tambah 2 Cabor yang masuk dalam DBON. Rinciannya, Dayung 16 atlet, pelatih/asisten 4 orang. Pencak silat 8 atlet, 2 pelatih. Kemudian, Bulutangkis, Taekwondo, Karate dan Atletik masing-masing 4 atlet, 1 pelatih,” ujarnya Jamaruddin, di ruang Kerjanya, Kamis (18/11/2021).

Bagaimana dengan Sepak Takraw dan Tinju? Menurut Jamaruddin, kedua Cabor tersebut tidak masuk dalam DBON. Sehingga tidak bisa ikut karena kegiatan ini dibiayai APBN. Kecuali, Pemda melalui Dispora mengajukan kepada Gubenrur untuk pembentukan PPLPD lingkup Sultra sesuai kemampuan daerah.

Jamaruddin menambahkan, sasaran dari kegiatan ini tidak lain untuk peningkatan prestasi. Lalu sebagai ajang evaluasi melihat sejauh mana perkembangan latihan dari seluruh Cabor hasil pembinaan selama ini. “Pelatih juga akan diseleksi. Mohon doanya kegiatan ini sukses terlaksana,” tutupnya. (HS)

Tinggalkan Balasan