Dukung Peningkatan Ekosistem Pendidikan, Pemkot Baubau Sosialisasikan Sekolah Penggerak

HALUANSULTRA.ID, KENDARI – Pemerintah Kota (Pemkot) Baubau terus berupaya meningkatkan ekosistem pada sektor pendidikan. Hal ini dilakukan dengan terus menggenjot keberadaan sekolah penggerak di Tanah Wolio.

Person in Charge (PIC) program sekolah penggerak Kota Baubau Umi Kalsum mengatakan, Dinas Pendidikan (Dikbud) Kota Baubau sebagai bidang teknis yang menangani pendidikan bersama dengan LPMP dan BP PAUD telah melakukan sosialisasi awal dan coaching clinic kepada para kepala sekolah terkait program sekolah penggerak ini.

“Kota Baubau untuk tahun 2022 ini mendapat kuota sebanyak 8 sekolah yang sudah lolos seleksi tahap I dan tahap 2, dari tiga jenjang yaitu PAUD, SD dam SMP. untuk jenjang SD dan SMP semua berasal dari sekolah negeri dan untuk jenjang PAUD berasal dari sekolah swasta,” katanya saat dihubungi haluansultra.id melalui Whatsapp Selasa (15/2/2022).

Lebih jauh Kepala Seksi (Kasi) Peserta Didik, Pendidik dan Tenaga Kependidikan Bidang Pembinaan Sekolah Dasar Dikbud Baubau ini mengutarakan, program sekolah penggerak ini merupakan program unggulan yang di kembangkan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek), untuk pengembangan di satuan pendidikan.

“Kami sangat bersyukur bisa menjadi salah satu dari daerah penerima program sekolah penggerak, dimana untuk tahun 2022 ini baru 8 dari 17 Kota dan Kabupaten di Sulawesi Tenggara yang menerima program ini,” imbuhnya.

Ia menjelaskan, bahwa tahapan seleksi sekolah penggerak dilangsungkan dalam dua tahap. Seleksi tahap pertama adalah seleksi administrasi sedangkan untuk seleksi tahapan kedua adalah seleksi simulasi mengajar dan wawancara.

“Harapan kami dari Dinas Pendidikan semoga program ini bisa menjadi stimulan besar untuk pengembangan mutu sekolah – sekolah penerima program ini pada khususnya dan pendidikan di Kota Baubau pada umumnya,” ujarnya.

Untuk diketahui, penerima sekolah penggerak Kota Baubau Tahun 2022 diantaranya, TK Swasta Abdi Praja, TK Swasta Anak Saleh Lipu, TK Swasta Kartika Wirabuana 51, SD Negeri 1 Bataraguru, SD Negeri 2 Bataraguru, SD Negeri 3 Baubau, SMP Negeri 3 Baubau, dan SMP Negeri 11 Baubau.

Reporter : Erviana Hasan

Leave a Reply