Puluhan Sopir Truk Unjuk Rasa di Kantor DPRD Sultra

HALUANSULTRA.ID,KENDARI – Puluhan Sopir Truk menggelar aksi unjuk rasa Kamis (17/02/2022). Aksi mereka dimulai dari Lampu Merah eks MTQ Kota Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra). Jalan pun sempat dibuat macet. Dari perempatan eks MTQ massa menuju gedung DPRD Sultra.

Firman, Koordinator Lapangan (Korlap) mengatakan, aksi mereka dilakukan adanya kebijakan penertiban Over Dimension Over Loading (ODOL) oleh tim terpadu provinsi. Nah harusnya ini menggunakan pendekatan interaktif kepada sopir, sehingga bisa menemukan solusi tepat dari dasar masalah yang tidak mematikan mata pencaharian masyarakat.

‚ÄúSultra ini masuk sebagai daerah kawasan industri nasional. Dalam aktivitas distribusi material dari satu kabupaten ke wilayah kawasan perindustrian sangat memungkinkan terjadi Over Dimension Over Loading (Odol),” terangnya.

Ia juga berharap Kementerian dan seluruh instansi pemerintahan provinsi hingga daerah, harus bisa memberikan solusi, bukan mematikan hubungan warga dengan investor asing.

Diketahui, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) terus menggenjot upaya penegakan kebijakan bebas truk over dimension and overloading (ODOL) demi mewujudkan program Zero ODOL 2023. Operasi penegakkan hukum (Gakkum) ODOL terus digalakan termasuk di wilayah Sultra.

Reporter : Krismawan

Leave a Reply