Perintah KONI Pusat Sudah Ada, Suwandi Andi : KONI Sultra Harus Segera Punya Ketua Definitif

HALUANSULTRA.ID, KENDARI – Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) harus segera menggelar Musyawarah Olahraga Provinsi (Musorprov). Agenda ini penting demi mendapatkan ketua definitif. Sebab pasca meninggalnya ketua sebelumnya, (Almh) Agista Ariany, hingga saat ini pimpinan KONI masih dijabat Plt. Sementara SK Plt akan berakhir Maret ini.

Kepada haluansultra.id, Ketua Umum Persatuan Lawn Tenis Indonesia (Pelti) Sulawesi Tenggara (Sultra), Suwandi Andi, mengatakan secara kelembagaan KONI Sultra harus melakukan pembenahan. Terlebih, untuk menghadapi beberapa event olahraga daerah yang akan dilaksanakan dalam waktu dekat.

Menurut Suwandi, salah satu agenda yang harus segera dilaksanakan adalah pemilihan ketua umum. Sebab keharusan adanya ketua definitif penting karena terkait pertanggung jawaban terkhusus pada sektor keuangan. “Artinya ada keterbatasan jika dilaksanakan oleh seorang Plt. Hal ini juga tertuang dalam Undang-undang Administrasi Pemerintahan (UUAP),” ujarnya, Selasa (8/3/2022) di Gedung Parlemen.

“Saya yakin pasti akan ada undang-undang yang melihatnya, penyelenggaraan Porprov ini juga tentunya membutuhkan dana yang besar baik dari APBD Provinsi ataupun sumber dana lainnya. Dan ini pasti ada pertanggung jawabannya,” timpalnya.

Masih kata Ketua Komisi III DPRD Sultra ini, siapa pun ketua terpilih bisa saja melakukan pembenahan kepengurusan, apalagi dalam menghadapi Porprov. Namun semua tanpa adanya gejolak perselisihan dalam internal kepengurusan.

“Terkait penyelenggaraan musyawarah pemilihan ketua itu sudah ada surat dari KONI pusat tapi sampai sekarang belum ada tindak lanjut. Untuk itu kita kembalikan semua kepada aturan dasar KONI untuk mencermati dan merespon hal ini,” bebernya.

Untuk itu Suwandi berharap, siapapun yang memimpin KONI kedepan dapat membina, mengembangkan, serta mengangkat prestasi olahraga di Bumi Anoa. “Saya kira ini menjadi momentum yang baik untuk kita semua, apalagi kita akan menghadapi Porprov di Buton dan Baubau nantinya sebagai penyelenggara,” ungkapnya.

“Saya belum tau siapa bakal calon yang akan kami usung, tapi kami dari Pelti memberi masukan, bahwasanya KONI bukan lahan politik tetapi pembinaan prestasi olahraga,” tukasnya.

Reporter : Erviana

Tinggalkan Balasan