Rakor Dinas Pariwisata se-Sultra Dikemas Outdoor, Peserta Bisa Menginap di Rumah Penduduk

HALUANSULTRA.ID, KENDARI – Kepala Dinas (Kadis) Pariwisata Sulawesi Tenggara (Sultra), H. Belli merancang inovasi rapat outdoor. Instansi ini akan menggelar rapat koordinasi (Rakor) Dispar se-Sultra di Desa Wisata Wabula, Wasuemba Buton, 30 Maret 2021.

“Ini adalah kebijakan di Dispar Sultra. Kami ingin melihat destinasi wisata secara langsung,” kata Belli saat ditemui di ruang kerjanya, Jumat (11/03/22). “Jadi nanti para peserta rakor dari 17 kabupaten dan kota ini termasuk provinsi bisa langsung berwisata di sana,” sambungnya.

Pj Sekda Kolaka Timur (Koltim) ini mengatakan, desa wisata tersebut adalah pusat tenunan Buton serta Benteng kuno.
Menurut dia, konsep rakor adalah pertemuan sekaligus wisata. “Peserta rapat nanti menginap di rumah penduduk di desa wisata tersebut. Banyak rumah kosong yang anak-anaknya kuliah di luar, jadi bisa jadi homestay. Sementara Dinas Pariwisata Buton sedang melakukan persiapan,” sebut Belli.

Ia melanjutkan, target dari kegiatan tersebut adalah mencoba menggairahkan ekonomi di pedesaan. “Misalnya, peserta rapat memaki Tenun Buton dan Kampurui, bagi yang tidak ada bisa langsung beli di masyarakat di sana. Jika kegiatan ini berhasil, kami akan koordinator Kepada Bapak Gubernur Sultra agar mengarahkan OPD kegiatan-kegiatan seperti ini ke desa wisata,” terang Belli.

Mantan Karo Pembangunan Sultra ini mengungkapkan, ada beberapa desa wisata yang saat ini sudah siap untuk dilakukan penyelenggaraan kegiatan, yakni Desa Labengki Kabupaten Konawe Utara, Desa Sanisani Kolaka dan Desa Wabula Wasuemba Buton.

“Sisanya masih kami survei, Insya Allah akan ada di 17 kabupaten/kota dengan beda-beda tema. Nanti ada desa yang adakan atraksi, ada yang tenun, ada pantai, ada negeri di atas awan, adan masih banyak lagi. Di Buton nanti kita minta masing-masing kepala dinas menyiapkan desa wisatanya,” tukas Kadis Muda itu.

Reporter : Rahmat R.

Tinggalkan Balasan