Menteri Pariwisata Direncanakan Hadir Dalam Pembukaan Napak Tilas Oputa Yii Ko

HALUANSULTRA.ID, KENDARI – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Tenggara (Sultra) melalui Dinas Pariwisata Sultra sedang mengatur agenda kehadiran Menteri Pariwisata RI, Sandiaga Uno dalam acara pembukaan Napak Tilas Oputa Yii Ko di Gunung Siotapina, Kabupaten Buton, 22 Mei 2022 mendatang.

Kepala Dinas Pariwisata Sultra, H. Belli HT mengatakan instansinya sedang berkoordinasi demi mengupayakan kehadiran menteri dalam acara tersebut. “Dinas Pariwisata lagi koordinasi dengan Menteri Pariwisata untuk sekiranya hadir dan jika waktunya bertepatan maka pak Menteri Sandiaga Uno bisa hadir di Napak Tilas Oputa Yii Ko,” katanya saat ditemui di Upacara HUT Sultra di pelataran kantor Gubernur Sultra, Selasa (27/04/22).

Ia melanjutkan, event ini untuk mengenang sejarah pahlawan asal Sultra yang pada masa lalu berjuang melawan penjajah serta mengenang perjuangan Oputa Yii Ko do Buton. “Harapannya generasi muda jangan lupa akan perjuangan pendahulunya yang berjuang untuk kemerdekaan Indonesia. Apalagi pahlawan yang dari Sultra sendiri,” terang, Belli.

Mantan Pj Sekda Koltim ini melanjutkan, di sini lain di Kabupaten Buton kebetulan pada tahun 2022 terdapat satu desa masuk 100 besar desa wisata. “Kalau desa Limbo Wolio ini masuk 50 besar nasional maka Mas Menteri (Sandiaga Uno, red) sudah pasti hadir di desa tersebut,” bebernya.

Belli menuturkan, saat ini Dinas Pariwisata masih terus berkoordinasi untuk kehadiran Menteri Pariwisata tersebut. “Katanya mau hadir, ada videonya. Kita masih optimistis Mas Menteri akan hadir, rencananya nanti pada acara pembukaan beliau hadir, kalau memang fix hadir akan ada tambahan event lari desa wisata Limbo Wolio itu,” tukasnya.

Reporter : Rahmat R.

Tinggalkan Balasan