Datang dari Luar Kota, Anak Jalanan Kembali Marak di Kendari

HALUANSULTRA.ID, KENDARI – Akhir-Akhir ini anak jalanan (Anjal) kembali marak terlihat di sejumlah titik jalan utama Kota Kendari. Hasil investigasi di lapangan tim pun menemukan jika para anjal tersebut berasal dari luar kota. Wali Kota Kendari Sulkarnain Kadir mengatakan, instansinya terus berupaya memaksimalkan penanganan dan penertiban anak jalanan. “Kami masih mencari formula yang tepat untuk mengatasi anak-anak jalanan,” ujarnya Senin (13/6/2022).

Walikota mengajak seluruh pihak untuk turut andil dan tidak tinggal diam menangani masalah ini. Sampai nanti dapat menemukan langkah yang efektif untuk menekan kondisi tersebut. Ini menjadi salah satu konsen Pemkot untuk diskusikan bersama di forum anak. “Kita akan bekerjasama dengan Dinsos, Pol PP, Polrestas Kendari, dan pihak-pihak terkait lainnya,” tukasnya.

Sementara itu, Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Kendari Ridwansyah Taridala menuturkan, tantangan utama yang diharapi Pemkot saat ini yakni maraknya pengiriman anak-anak yang diklaim berasal dari luar daerah Kota Kendari. “Khusus untuk anak jalanan, pemerintah Kota Kendari sudah melakukan antisipasi, bahkan sudah meningkat sampai ke penindakan,” tuturnya.

Ridwansyah menekankan agar kesadaran dari para orang tua untuk menjaga dan merawat anak-anaknya dengan sepenuh hati. Selain itu, dirinya juga mengajak agar semua pihak dapat bekerjasama untuk meminimalisir kondisi tersebut. “Kalau mereka ada penertiban itu hilang, tapi setelah penertiban tidak ada kembali lagi. Setelah beberapa kasus kami selidiki langsung di lapangan, ternyata mereka bukan anak di Kendari,” sebutnya.

Reporter : Erviana Hasan

Tinggalkan Balasan