Gempa Magnitudo 3.4 Guncang Konawe Selatan

HALUANSULTRA.ID,KENDARI – Gempa bumi kembali mengguncang Kabupaten Konawe Selatan, Sulawesi Tenggara (Sultra). Kali ini, gempa berkekuatan magnitudo 3,4 terjadi di Mowila, Jumat (29/7/2022) sekira pukul 16.31 Wita.

Kepala Stasiun Geofisika Kendari, Rudin mengatakan, dari hasil analisis BMKG episenter gempabumi terletak pada koordinat 4.06 LS, 122.25 BT, atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 5.0 km, Timur Laut Mowila, Konsel, kedalaman 7 km.

Gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa dangkal akibat aktivitas Sesar Lainea di Timur Laut Mowila. Getaran dirasakan di Ranomeeto (Konawe Selatan) dan Baruga (Kendari) II-III MMI. II MMI (Getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang), III MMI (Getaran dirasakan nyata dalam rumah,”

Ia menambahkan, hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempabumi tidak berpotensi tsunami serta tidak ada gempabumi susulan hingga pukul 16.50 WITA, hasil monitoring BMKG menunjukkan belum terjadi aktivitas gempa bumi susulan. “Masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya,” katanya

Pastikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi (Instagram/Twitter @infoBMKG), website (http://www.bmkg.go.id atau inatews.bmkg.go.id), atau melalui Mobile Apps (IOS dan Android): wrs-bmkg atau infobmkg.

Reporter : Krismawan

Tinggalkan Balasan