Polda Sultra Siaga Bencana, 5 Satgas Dilibatkan

HALUANSULTRA.ID, KENDARI – Kepolisian Daerah (Polda) Sulawesi Tenggara (Sultra) menggelar Apel Gelar Pasukan Penanggulangan Bencana, Senin (24/10/2022). Apel ini digelar untuk meningkatkan kesiapsiagaan menghadapi bencana alam di tengah curah hujan yang tinggi. Apel ini dipimpin Karo Ops Kombes Pol Tumpal Damayanus yang diikuti personel gabungan Brimob, Polair dan Samapta.

Menurut Kombes Tumpal, perlu mengambil langkah-langkah penanggulangan bencana yang berlangsung efektif dan efisien. Untuk itu, Polda menginginkan tugas ini sebagai bentuk pengabdian dan bernilai ibadah. Kata dia, apel kesiapsiagaan merupakan perwujudan kesiapsiagaan Polda Sultra dalam rangka ops Aman Nusa kontijensi ke-II terkait dengan bencana alam. Kontijensi adalah suatu keadaan atau situasi yang diperkirakan akan segera terjadi, tetapi mungkin juga tidak akan terjadi.

“Hari ini jajaran khusus Polda Sultra menyiapkan personel dan peralatan dalam menghadapi gangguan bencana alam seperti banjir, longsor dan puting beliung di wilayah Sultra,”Ucap Kombes Tumpal, Senin (24/10/2022).

Menurut Tumpal Damayanus, menghadapi kontijensi bencana alam Polda Sultra mengerahkan kekuatan lima satgas yakni Satgas Pencarian dan Pertolongan (SAR), Satgas Penyelamatan, Satgas Dokkes, Lidik Sidik, serta Satgas Bantuan Operasi.
“Jadi kami pastikan semua satgas siap untuk melaksanakan kegiatan apabila terjadi bencana alam di sultra,” pungkas perwira asal korp brimob polri ini.

Tidak lupa personel Polda Sultra bersinergi dengan stakekehodler yakni dengan TNI, pemerintah daerah, BPBD dan pemerintah provinsi dalam kesiapsiagaan menghadapi bencana alam.

Reporter : Krismawan

Tinggalkan Balasan