Jelang Natal, Disketapang Konsel Prediksi Harga Minyak, Bawang dan Cabai Bakal Melonjak

HALUANSULTRA.ID, KONAWE SELATAN – Dinas Ketahanan Pangan (Ketapang), Kabupaten Konawe Selatan (Konsel), terus memantau pergerakan harga untuk menekan inflasi jekan Natal dan tahun baru 2023.

Upaya itu dilakukan untuk memastikan stok konsumsi pangan di wilayah Konsel tetap aman tanpa adanya kelangkaan maupun harga yang melonjak jelang akhir tahun.
“Kami memonitor terus yang terkait dengan inflasi di daerah, tiap minggu kami pantau bersama-sama dengan pemerintah, jelang Natal tahun ini,” ujar Kadis Ketapang Konsel, Setia Ningsih Mangidi, saat di temui diruang kerjanya. Selasa, 6 Desember 2022.

Menurut Setia, diprediksi ada beberapa harga komoditas diprediksi bakal naik 2,5 persen namun hal itu tidak akan mempengaruhi kelangkaan bahan tersebut. “Saat ini harga komoditas masih stagnan tidak menunjukan adanya lonjakan harga. Biasanya itu, nanti H minus enam,” terangnya.

Setia mengaku, instansinya akan selalu berkoordinasi dengan Pemda setempat maupun sektor terkait untuk memastikan ketersediaan pangan di Konsel dalam kondisi aman. “Yang jelas upaya itu pasti kita optimalkan,” tegasnya.

Ditempat yang sama, Kabid Ketersedian dan Kerawanan pangan Purwanto menyebut beberapa komoditas yang diprediksi bakal naik seperti, minyak goreng, bawang merah/putih, cabe kriting dan cabe rawit. “Harga komoditas itu naik karena produksi dari luar daerah, ditambah permintaan yang semakin besar jelang natal dan tahun baru,” bebernya.

Sementara untuk stok komoditas pangan yang dipastikan aman dan tak mengalami kenaikan harga, sebut Purwanto yakni, Beras, Jagung, Daging Sapi, Ayam, Telur dan Gula Pasir. “Dipastikan aman karena Kabupaten Konsel salah satu daerah lumbung pangan,apalagi saat ini musim panen,” pungkasnya.

Penulis:Ely.

Tinggalkan Balasan