Asisten III Buka Musda PGMI Kota Kendari

HALUANSULTRA.ID,KENDARI- Asisten III Sekretariat daerah (Setda), Makmur, membuka Musyawarah Daerah (Musda) ke-2, Persatuan Guru Madrasah Indonesia (PGMI) Kota Kendari di Ruang Pola Balai Kota, Sabtu (17/12/2022). Makmur mengatakan, “guru merupakan aktor utama yang berperan sentral dalam dunia pendidikan”. Tantangan untuk para guru kian berat, saat ini kita berusaha untuk memulihkan dan mengejar learning loss akibat pandemi dua tahun mendera Indonesia temasuk Kota Kendari. Terlebih di era revolusi industri 4.0 saat ini, dan pasca pandemi terjadi perubahan yang cepat. Termasuk dengan dunia pendidikan. Makmur, menekankan guru dituntut harus mampu beradaptasi dengan perubahan yang terjadi.

“Sehubungan dengan hal itu, lancarnya arus informasi melalui android/gadget dalam genggaman anak-anak kita, dapat mengancam generasi jika tak mampu digunakan dengan bijak. Namun di sisi lain arus teknologi informasi di era digital, juga memberikan kemudahan dalam mengakses kebutuhan informasi dan pengetahuan,” jelas Makmur. Oleh karena itu, sikap profesionalisme dan inovasi guru mutlak diperlukan.

“Makmur berharap, guru-guru madrasah meningkatkan kualitas dan kapasitas diri, sehingga mampu beradaptasi dengan tantangan dunia global. Guru madrasah harus menjadi bagian penting dalam setiap perubahan”. Sebagai kota yang dinamis, melalui tagline Kendari Bergerak (bersih, gesit, ramah, asri dan kondusif) dapat menjadi arah bagi Masyarakat dalam bertindak. Melalui Musda ke-2 PGMI ini, menjadi momentum untuk membangun kolaborasi khususnya di bidang pembangunan dan peningkatan sumber daya manusia di sektor pendidikan. (HS)

Tinggalkan Balasan