Wamenhan RI Terima Audiensi Dubes RI Untuk Slowakia Bahas Penguatan Kerja Sama Pertahanan

HALUANSULTRA.ID – Wakil Menteri Pertahanan Republik Indonesia (Wamenhan RI) M. Herindra menerima audiensi Duta Besar RI untuk Slowakia Y.M. Pribadi Sutiono, Ph.D,. Di Kantor Kemhan, Jakarta, Selasa (24/01/2023).

Dalam audiensi ini dibahas upaya kristalisasi kerja sama pertahanan antara Indonesia dan Slowakia, melalui Defense Cooperations Agreement (DCA), yang diharapkan segera diteken. Kerja sama yang menjadi cakupan dalam draft DCA.

Meliputi, sejumlah isu yang terkait dengan kebijakan pertahanan dan pengembangan pasukan bersenjata; pendidikan dan pelatihan; kerja sama teknis militer; kerja sama industri pertahanan; layanan kesehatan militer; aktivitas olah raga dan budaya kemiliteran; pertahanan siber; dan area lain yang disepakati bersama.

DCA antara Indonesia dan Slowakia ini, mulai dirintis sejak 2013; dan finalisasi diharapkan selesai pada awal 2023 ini. Sejalan dengan upaya peningkatan kerja sama pertahanan, Dubes Pribadi Sutiono berharap, agar Kemhan mempertimbangkan penempatan Atase Pertahanan (Athan) RI di Slowakia.

Usulan penempatan Athan di Slowakia ini, dengan mempertimbangkan bahwa selama ini Athan yang mengcover wilayah Slowakia, dirangkap oleh Athan RI di Warsawa. Hal ini menyebabkan kurang lancarnya komunikasi antara Kemhan Slowakia dengan KBRI Bratislava, dan antara Atase Pertahanan RI di Warsawa dengan KBRI Bratislava.

Dengan ditempatkannya seorang Athan RI, di Slowakia diharapkan, dapat membantu program pembaruan alutsista yang saat ini sedang dirancang oleh Indonesia. Selain itu, situasi politik dan keamanan di Slowakia dan negara – negara Eropa Tengah dan Timur yang kurang kondusif/stabil.

Terlebih dengan adanya perang Rusia dan Ukraina yang memerlukan perhatian khusus, serta posisi Slowakia yang merupakan salah satu negara anggota NATO. Dubes RI untuk Slowakia juga telah berkoordinasi dengan Kementerian Luar Negeri, serta berencana menemui Panglima TNI dan Kepala BAIS. (HS/HUMAS)

Tinggalkan Balasan