Hasil Survei Terbaru Indometer, Anies Baswedan Tempel Ketat Prabowo Subianto

HALUANSULTRA – Hasil survei terbaru Indometer menyebut, elektabilitas Anies Baswedan makin menempel ketat Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto. Sementara itu, elektabilitas tertinggi sebagai calon presiden (capres) 2024, adalah nama Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. Hal tersebut disampaikan, di Jakarta, Minggu (05/02/2023). Seperti yang dilansir dari laman herald.id

Direktur Eksekutif lembaga survei Indometer Leonard SB mengatakan, berdasarkan hasil survei pihaknya, elektabilitas Ganjar Pranowo mencapai 25 persen lebih. “Temuan survei yang dilakukan Indometer menunjukkan, Ganjar mengokohkan diri pada peringkat pertama dengan elektabilitas mencapai 25,1 persen,” katanya.

Sementara elektabilitas Anies Baswedan 20,2 persen, terpaut tipis dari elektabilitas Menteri Pertahanan Prabowo Subianto 21,5 persen. Dia memprediksi apabila tren kenaikan elektabilitas berlanjut, maka Anies berpeluang menggeser Prabowo dan berhadapan dengan Ganjar.

Menurut Leonard, elektabilitas ketiga nama yang digadang-gadang maju pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 tersebut, sama-sama di kisaran 20 persen dengan tren kenaikan dialami Ganjar dan Anies. Sementara itu, elektabilitas Prabowo cenderung stabil dan belum menunjukkan tanda-tanda kenaikan signifikan.

“Meskipun kuat, tetapi publik masih menunggu deklarasi koalisi Gerindra-PKB untuk mengusung Prabowo,” lanjut Leonard. Setelah beberapa bulan terbentuk, Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya, tak kunjung memutuskan siapa pasangan calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) yang akan diusung.

Dia menambahkan, Gerindra hampir dipastikan akan mengusung Prabowo sebagai capres, namun pilihan cawapres belum diputuskan. Di satu sisi, PKB juga bersikeras mengajukan ketua umumnya yakni, Muhaimin Iskandar. (HS)

Tinggalkan Balasan