Dinas Koperasi dan UMKM Sultra Gelar Sertijab Kadis Baru

HALUANSULTRA.ID – Setelah dilantik secara resmi oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), sebagai Kepala Dinas Koperasi dan UMKM, DR. La Ode Muh Shalihin, S.Pd, M.Pd mulai berkantor. Diawali dengan serah terima jabatan (sertijab) dengan pejabat lama, La Ode Saifuddin. Sertijab dilakukan secara sederhana dalam suasana kekeluargaan. Acara ini dihadiri seluruh pejabat di jajaran Dinas Koperasi dan UMKM Sultra baik kepala bidang, kepala UPTD dan pejabat eselon IV dan III yang berlangsung, Selasa 7 Februari 2023.

Pejabat lama, La Ode Saifuddin, mengucapkan terimakasih kepada seluruh jajaran, atas kerjasama yang telah terbangun selama ini. Ia mengatakan bahwa perpisahan ini hanyalah sebatas pada pekerjaan saja, namun tali silaturahmi tidaklah terputus. Selain itu, Saifuddin juga mengucapkan selamat datang dan selamat menjalankan tugas sebagai kepala dinas yang baru. Dalam kesempatan tersebut, Saifuddin berpesan agar kepala dinas yang baru bisa melanjutkan program- program dinas Koperasi yang sudah berjalan baik, dan melengkapi jika ada kekurangan.

Proaktif dan kreatif menciptakan inovasi -inovasi baru sehingga Koperasi dan UMKM di Sulawesi Tenggara lebih maju, lebih baik dan lebih meluas lagi pemasarannya. “Saya mohon maaf jika ada hal-hal yang tidak berkenan selama saya berada disini. Saya juga berharap Dinas Koperasi dan UMKM akan lebih baik lagi dibawah kepemimpinan bapak La Ode Muh Shalihin,” ucapnya. “Sekali lagi saya ucapkan terima kasih, tetap kompak dan tetap inovatif dan kreatif dalam menyusun program kegiatan yang bermanfaat bagi masyarakat, yang baik ya dilanjutkan, kemudian kalau ada yang kurang bisa di lengkapi,” pungkasnya.

Dalam kesepatan itu, Kadis baru, La Ode Muh Shalihin, menaruh harapan agar kepercayaan yang diberikan harus dimaknai sebagai bentuk tanggung jawab, untuk melanjutkan tugas-tugas pejabat sebelumnya terutama dalam membuat terobosan. Shalihin menegaskan, akan melakukan adaptasi terhadap tugas pokok dan fungsi, demi membangun kinerja yang tinggi dan lebih baik. Siap menciptakan kebersamaan yang kondusif dan kerjasama yang baik, antara pimpinan dan staf lingkungan unit kerja masing-masing, agar tugas-tugas menjadi tanggungjawab dapat tercapai dengan hasil yang maksimal.

“Ahlamdulillah baru saja selesai acara sertijab. Saya akan melakukan pertemuan dengan seluruh bidang-bidang yang ada, untuk mengetahui apa saja program yang akan bergulir pada tahun ini. Patinya, saya harus melakukan pembenahan internal, termasuk disiplin pegawai. Dalam arti luas ya. Mulai dari kehadiran, pekerjaan dan lainnya. Kantor ini hadir untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat. Apalagi disini membawahi Koperasi dan pelaku UMKM,” bebernya, kepada HALUANSULTRA.ID.

Kepala Dinas Koperasi dan UMKM baru DR. La Ode Muh Shalihin, S.Pd,M.Pd (kanan), bersama pejabat lama, La Ode Saifuddin.

Shalihin pun mengapresiasi kinerja dari Kadis sebelumnya. Menurutnya gebrakan yang dilakukan Kadis sebelumnya telah menghasilkan program pemberdayaan koperasi dan UKM yang baik. Ia pun mengajakan seluruh pegawai dinas untuk bisa bekerjasama dan saling bahu membahu untuk melajutkan program yang telah dilaksanakan. Menurut dia, mengembangkan Koperasi dan pelaku usaha membutuhkan langkah-langkah dan strategi yang tepat.

Sudah banyak contoh lanjut dia, banyak pelaku UMKM yang berdiri namun usahanya tidak berkembang, mengalami kerugian, dan bahkan berakhir dengan ditutupnya usaha. “Nah di instansi ini harus ada solusi misalnya menggelar pelatihan, juga mensupport dalam mendapatkan bantuan permodalan. Kita juga harus memfasilitasi, mulai label, sertifikasi halal, promosi agar bisa bersaing denmgan daerah lain. Mari kita saling bantu membantu untuk menjalankan program dan kegiatan sehingga kinerja kita bisa semakin baik,” ajaknya.

Sebelumnya, 17 pejabat dilantik oleh Sekda Sultra, Asrun Lio, Jumat 3 Februari 2023. Asrun Lio, menyampaikan bahwa momentum pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan adalah sebuah agenda penting dan merupakan hal yang biasa dalam suatu organisasi dan sekaligus penyerahan estafet kepimpinan.“Semoga pelantikan ini dapat memberikan motivasi kepada saudara-saudari untuk senantiasa berkiprah dan mengabdikan diri selaku Aparatur Sipil Negara sesuai dengan tugas pokok dan fungsi yang menjadi tanggung jawab sebagai seorang pejabat pemerintah,” ujar Sekda Asrun Lio.

Kepada pejabat yang baru dilantik, Asrun Lio mengimbau segera lakukan adaptasi terhadap tugas pokok dan fungsi jabatan masing-masing. “Perlu kita sadari bahwa tugas pelayanan bukanlah pekerjaan mudah. Selalu mengayomi dan melindungi jabatan dibawahnya terutama memberikan masukan dan arahan,” ujar Sekda Asrun Lio.

Ia juga meminta, senantiasa mencermati dinamika dan pengembangan ASN sebagai dari actual force dan prime mover pembangunan dan mengembangkan ASN menjadi kaum profesional yang cerdas dalam mewujudkan smart ASN melalui adaptasi terhadap teknologi agar kinerja pelayanan lebih cepat, akurat dan efisien. “Ciptakan kebersamaan yang kondusif dan kerjasama yang baik antara pimpinan dan staf lingkungan unit kerja masing-masing agar tugas-tugas menjadi tanggungjawab dapat tercapai dengan hasil yang maksimal,” ungkap Sekda Asrun Lio. (HS)

Tinggalkan Balasan