Pemkot Kendari Monev Penyerapan Anggaran Triwulan Pertama

HALUANSULTRA.ID,KENDARI – Pemerintah Kota (Pemkot) Kendari mengadakan Rapat Koordinasi Monitoring dan Evaluasi (Monev), Penyerapan Anggaran Triwulan Pertama. Penjabat (Pj) Wali Kota Kendari. Kegiatan ini berlangsung di Ruang Pola, Balai Kota, Kendari, Kamis (16/02/2023).

Asmawa Tosepu mengatakan, rakor ini bakal berlanjut setiap bulannya, sehingga penyerapan anggaran dapat tercapai. “Dari sisi pendapatan kita per 16 Februari, Alhamdulillah sudah terealisasi 8,50 persen,” ucapnya.

Asmawa Tosepu menegaskan, bahwa Organisasi Perangkat Daerah (OPD) harus aktif dalam memaksimalkan penyerapan anggaran meski terdapat beberapa faktor teknis. Selain itu, agar proses realisasi anggaran yang telah berjalan selama triwulan pertama ini, dapat menjadi persiapan untuk menyesuaikan pelaksanaan kerja dan anggaran untuk triwulan selanjutnya.

Untuk belanja daerah, Pj Wali Kota Kendari mengapresiasi Sekretaris Dewan, Bappenda, dan Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman atas realisasi tertinggi hingga saat ini. Selain itu, untuk realisasi pengadaan barang dan jasa, Asmawa Tosepu mengapresiasi Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Kendari, Dinas Pendidikan Pendidikan Pemuda dan Olahraga, dan RSUD Kota Kendari.

“Karena mereka telah membelanjakan dalam bentuk pengadaan barang dan jasa secara swakelola,” jelasnya. Terkait Rencana Umum Pengadaan atau RUP terdapat beberapa OPD yang mecapai presentase dengan nilai 101 persen.

Sementara itu, untuk presentasi RUP dengan nilai 77 persen, Asmawa Tosepu mengingatkan untuk menjadi perhatian. “Tolong ini menjadi perhatian, masih 77 persen, silahkan diinput ke dalam SiRUP,” pesannya. (HS)

Tinggalkan Balasan