Komnas HAM : TNI-Polri Kedepankan Upaya Damai dalam Pembebasan Pilot Susi Air

HALUANSULTRA.ID – Upayakan pembebasan Pilot Susi Air, Komnas HAM perwakilan Papua meyakini bahwa TNI dan Polri akan lebih mengedepankan upaya damai, dalam pembebasan sandera Pilot Susi Air berkewarganegaraan Selandia Baru Philip Mark Mehrtens oleh kelompok kriminal bersenjata (KKB). Hal tersebut disampaikan di Jayapura, Papua, Jumat, (17/02/2023).

Ketua Perwakilan Komnas HAM Papua Frits Ramandey mengatakan, bahwa pembebasan Philip Mark Mehrtens yang disandera KKB pimpinan Egianus Kogoya di Paro, Kabupaten Nduga, Provinsi Papua Pegunungan, membutuhkan waktu untuk bernegosiasi.

“Komnas HAM juga terus memberikan perhatian untuk kasus tersebut,” ungkap Ramandey. Menurutnya, kini Distrik Paro yang hanya memiliki empat kampung, diperkirakan sudah tidak ditempati masyarakat, karena kebanyakan telah mengungsi ke Kenyam.

Komnas HAM menilai, upaya pembebasan pilot Susi Air tersebut tidak harus terburu-buru dengan mengedepankan upaya negosiasi. Ia mengatakan, negosiasi sedang berlangsung yang melibatkan pihak pemerintah daerah dan DPRD Kabupaten Nduga. (HS/FA)

Tinggalkan Balasan