Manchester United Akhiri Puasa Gelar

HALUANSULTRA.ID – Manchester United akhirnya meraih gelar pertama mereka sejak 2017, setelah menjuarai Piala Liga Inggris atau Carabao Cup 2022/2023. Capaian itu diraih usai Manchester United mengalahkan Newcastle United 2-0, di partai final yang berlangsung di Wembley Stadium, Senin (27/02/2023) dini hari. Seperti yang dilansir dari laman herald.id.

Gol pertama Setan Merah dicetak oleh Casemiro sebelum gol bunuh diri Sven Botman, menggandakan kedudukan untuk tim asuhan Erik ten Hag tersebut. Dengan trofi Carabao Cup ini, Manchester United sukses mengakhiri enam tahun puasa gelar, setelah terakhir sejak menjuarai Liga Europa 2016/2017.

Ini adalah gelar keenam MU, dari 11 final Piala Liga Inggris dan yang pertama sejak 2017. Jalannya pertandingan MU menekan sejak menit awal dan berupaya mencetak gol cepat. Peluang pertama tercipta pada menit ke-13 saat umpan silang Casemiro ditanduk Wout Weghorst di kotak penalti.

Namun bola masih bisa diamankan kiper Newcastle, Loris Karius. Empat menit kemudian Setan Merah kembali mendapat peluang. David de Gea mengirimkan bola panjang yang langsung menuju ke Marcus Rashford di pertahanan Newcastle.

Rashford lalu mengoper bola ke Antony yang menuntaskan dengan sepakan melengkung dan bisa diamankan Karius. The Magpies lebih banyak bermain bertahan dan baru mengancam pada menit ke-31. Allan Saint-Maximin menerima bola di kotak penalti dan melewati Diogo Dalot, sebelum melepaskan tembakan ke arah gawang.

Peluangnya masih belum mampu membuahkan gol setelah digagalkan David de Gea menggunakan kakinya. MU akhirnya memecah kebuntuan pada menit ke-33 lewat gol Casemiro. Bermula dari tendangan bebas Luke Shaw, bola mengarah ke Casemiro di kotak penalti.

Gelandang asal Brasil itu, kemudian menanduknya masuk ke gawang Karius. Setan Merah unggul 1-0. Enam menit kemudian, Rashford punya andil sangat besar menggandakan skor jadi 2-0 untuk MU.

Weghorst mendapat bola dari Casemiro, di kotak penalti dan mengopernya kepada Rashford yang langsung menendang bola ke arah gawang. Bola sempat mengenai Sven Botman dan gagal ditepis Karius.

Gol tersebut dihitung sebagai gol bunuh diri oleh Botman. Di masa injury time babak pertama, Karius menggagalkan tendangan Antony dari luar kotak penalti. Skor 2-0 bertahan hingga turun minum.

Newcastle bermain lebih menyerang di babak kedua demi mencetak gol cepat. Eddie Howe memasukkan Alexander Isak untuk menambah daya serangan mereka. Newcastle terus coba menggempur MU, tetapi pertahanan Setan Merah masih terlalu sulit ditembus.

Kesulitan membongkar pertahanan lawannya, Newcastle mulai melepaskan melepaskan tendangan-tendangan jarak jauh. Namun, percobaan mereka masih mudah dipatahkan oleh barisan pertahanan MU. Hingga pertandingan selesai, Newcastle gagal mencetak satu gol pun dan MU sukses keluar sebagai juara Carabao Cup 2022/2023 dengan skor akhir 2-0. (HS/IKA)

Tinggalkan Balasan