Pengamat Nilai Jokowi sedang Dorong Prabowo-Ganjar Berpasangan di Pilpres 2024

HALUANSULTRA.ID – Presiden Joko Widodo (Jokowi) dinilai sedang berusaha mendorong pasangan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo untuk Pilpres 2024. Hal tersebut, disampaikan Pengamat politik dari Universitas Al Azhar Indonesia, Ujang Komarudin di Jakarta, Selasa (14/03/2023). Seperti yang dilansir dari laman herald.id.

Ujang menilai, Jokowi seakan memfasilitasi pertemuan antara Prabowo dan Ganjar Pranowo saat kunjungan kerjanya di Kebumen, Jawa Tengah. Ia pun meyakini, Jokowi tengah mendorong terealisasinya pasangan Prabowo-Ganjar untuk pemilihan presiden (Pilpres) 2024.

Dan potensi kemenanan pasangan tersebut, dinilainya besar dalam kontestasi nasional mendatang. “Kalau kita bicara survei yang ada, saat ini di lembaga yang kredibel bahwa Prabowo dan Ganjar, paling kuat dan cocok untuk bisa bersaing dengan capres cawapres yang lain,” ujar Ujang.

Ia melihat, adanya dukungan khusus dari Jokowi kepada Prabowo. Sebab Prabowo yang notabenenya adalah Menteri Pertahanan, kerap ikut dalam kunjungan kerjanya ke berbagai wilayah Indonesia.

Pengamat politik dari Universitas Al Azhar Indonesia menilai sebagai dukungan terhadap Prabowo dalam melanjutkan estafet kepemimpinan Jokowi. Apalagi Ketua Umum Partai Gerindra itu memiliki pengalaman pada pemilihan presiden (Pilpres) 2014 dan 2019.

“Pak Prabowo punya pengalaman sebagai capres, jadi konstruksi yang ideal bisa saja bahwa Prabowo berdampingan dengan Ganjar. Saya melihat beberapa kali Pak Jokowi, meng-endorse secara khusus saatnya giliran Pak Prabowo,” ujar Ujang.

Terbaru, Jokowi memberikan tanggapannya, soal isu perjodohan politik antara Prabowo dengan Ganjar. Ia mengatakan, pertemuan Menteri Pertahanan dan Gubernur Jawa Tengah itu hanyalah suatu kebetulan.

“Itu panen raya, panen raya di sawah. Kebetulan Pak Prabowo mau ke Magelang. Saya ajak bareng, turun di Kulonprogo. Karena pertemuan Pak Prabowo-nya siang udah kita ke sawah dulu, ke panen raya.

Ada saya, ada Pak Ganjar, ada Pak Prabowo, udah,” jelas Jokowi saat memberikan keterangan pers di TPST Kesiman Kertalangu, Denpasar, Bali, Senin (13/3/2023). Namun ia menjawab, bahwa keduanya sudah ideal untuk maju dalam Pilpres 2024. “Ideal semuanya,” jawab mantan Wali Kota Solo itu. (HS)

Tinggalkan Balasan