Prajurit TNI Kembali Gugur Usai Diserang KKB Papua

HALUANSULTRA.ID – TNI kembali kehilangan satu prajuritnya di Papua usai diserang kelompok kriminal bersenjata (KKB) Papua. Anggota TNI gugur saat bertugas membebaskan pilot Susi Air Philip Mark Mehrtens. Anggota TNI yang gugur adalah Pratu F, yang menjadi korban ke-5 aksi penyerangan KKB Papua di Mugi-man, Nduga, Papua, pada Sabtu (15/4/2023).

Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono pun menyampaikan rasa duka citanya atas gugurnya Pratu F anggota Satgas Yonif R 321/GT.

“Jenazah Pratu F ditemukan oleh Tim Gabungan yang sejak peristiwa penembakan itu terus mencari dan menelusuri tempat kejadian penembakan oleh KKB,” kata Yudo dalam keterangan tertulisnya dikutip Senin (24/4/2023).

Jenazah Pratu F langsung dievakuasi ke Timika, untuk kemudian dibawa ke RSUD setempat guna pemulasaraan jenazah. Selanjutnya, jenazah almarhum akan dipulangkan ke kampung halamannya di Magelang, Jawa Tengah. “Rencananya Senin (24/4), jenazah akan diterbangkan ke kampung halamannya di Magelang,” ucap Yudo.

Pratu F gugur saat menjalankan operasi pencarian dan penyelamatan pilot Susi Air, Phillip Mehrtens, yang disandera oleh kelompok kriminal bersenjata (KKB) sejak Februari 2023. “Almarhum gugur sebagai Kusuma Bangsa. Semoga Tuhan Yang Maha Esa menerima semua amal ibadahnya dan ditempatkan di tempat yang layak di sisi-Nya,” ujar Yudo.

Sebelumnya, empat prajurit TNI dinyatakan gugur dalam operasi tersebut. Adapun keempat prajurit yang gugur itu adalah Pratu Miftahul Arifin, Pratu Ibrahim, Pratu Kurniawan, dan Prada Sukra. Mereka tergabung dalam 36 prajurit yang bertugas menyisir wilayah Mugi-man, Nduga, Papua.

Keempat jenazah prajurit yang gugur itu telah dievakuasi ke Timika pada Rabu (19/4) malam dan telah diserahkan ke pihak keluarga masing-masing. Usai insiden itu, Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono mengumumkan siaga tempur di beberapa daerah di Papua yang dinilai rawan teror dan serangan KKB. (HS)

Tinggalkan Balasan