Raih 4 Emas, 4 Perak, Kota Kendari Juara Umum II STQH Tingkat Provinsi 2023

HALUANSULTRA.ID – Seleksi Tilawatil Qur’an dan Hadits (STQH) ke XXVII tingkat provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) resmi ditutup, Selasa (18/7/2023) malam. Kolaka tampil sebagai juara pertama dengan 6 emas, 1 perak, juara kedua milik Kota Kendari 4 emas, 4 perak, lalu ketiga Konawe Selatan, 1 emas, 2 perak, 4 perunggu. Penjabat (Pj) Wali Kota Kendari Asmawa Tosepu mengapresiasi atas capaian yang diraih peserta STQH. Asmawa mengucapkan terimakasih atas dukungan yang diberikan kepada peserta iven religi ini. “Saya mewakili pemerintah Kota Kendari sangat mengapresiasi kepada kafilah dan official atas capalan sebagai juara umum kedua,” ucapnya.

Selain itu, Kepala Biro Umum Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri) ini juga menginginkan, apa yang telah diraih menjadi motivasi agar guna menjadi lebih baik lagi. Kata dia, hal ajang ini bukan hanya untuk meraih gelar. Namun terpenting melalui STQH peserta mampu mengamalkan nilai-nilai Al-Qur’an, sekaligus untuk memperkokoh silaturahmi antar sesama. “Selamat kepada para pemenang ya. Kita harus bersiap mengahdapi STQH nasional di Kota Jambi Oktober 2023. Tentunya harus banyak berlatih dan juga diberikan pembinaan terus menerus,” harapnya. (HS)

Sementara itu, acara penutupan, Gubernur Sultra yang diwakili Plh. Sekda, Suharno. Ia mengucapkan terima kasih dan mengapresiasi pelaksanaan STQH Provinsi Sulawesi Tenggara sudah telaksana dengan baik, tertib, aman dan sukses yang berlangsung dari 13 hingga 18 Juli 2023. Apalagi terdapat 253 orang peserta dari Kab/Kota se-Sultra. Menurutnya, tema “STQH sarana penguatan implementasi program Sultra beriman dalam rangka mewujudkan generasi berkarakter Qur’an” sangat luar biasa.

Penyelenggaraan kegiatan keagamaan seperti STQH merupakan salah satu bagian penting dari proses pelaksanaan pembangunan, baik di tingkat nasional maupun di daerah,termasuk di Provinsi Sultra. Pembangunan bidang keagamaan memiliki peran strategis dalam mewujudkan kualitas sumberdaya manusia yang tidak hanya cerdas secara intelektual, tetapi juga cerdas secara emosional dan cerdas secara spiritual. “Sekali lagi saya ucapkan terima kasih dan penghargaan kepada semua pihak terkait atas terselenggaranya kegiatan STQH ini, sehingga berlangsung dengan baik dan sukses,” tutupnya.

Untuk diketahui, sebagai bentuk apresiasi kami dan panitia telah menyediakan uang pembinaan bagi para peserta terbaik STQH Prov. Sultra yaitu Juara 1 Rp.10 Juta, Juara II9 Rp. 7 Juta, Juara III Rp. 5 Juta. Sementara, harapan I Rp. 3 Juta, harapan II Rp. 2.5 Juta, harapan III RP. 2 Juta. Sedangkan untuk juara umum mendapatkanb Rp 30 Juta. (HS)

Tinggalkan Balasan