Jemaah Haji Indonesia Yang Hilang Di Saudi Tetap Akan Dicari

HALUANSULTRA.ID- Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas mengatakan, pencarian jemaah haji Indonesia yang hilang di Tanah Suci tidak akan dihentikan. Yaqut Cholil Qoumas mengatakan, pihaknya terus berkoordinasi dengan polisi dan SAR Arab Saudi. Satu jemaah yang hilang atas nama Idun Rohim Zen (87) asal Palembang. Ia hilang saat puncak ibadah haji.

Proses pencariannya menurut Menteri Agama tidak ada batasan waktu. Bahkan,meski operasional haji 2023 selesai Agustus 2023, pencarian Idun tetap akan dilakukan. Sebelumnya, ada delapan jemaah haji Indonesia yang dilaporkan hilang. Tujuh orang kemudian berhasil ditemukan. Dari tujuh orang yang ditemukan, tiga diketahui wafat.

“Saya sudah perintahkan kepada para petugas terutama Linjam (perlindungan jemaah, red) di sana, untuk terus mencari jemaah kita yang masih hilang. Ini tanpa batas waktu,” kata Yaqut di Bandara Soekarno Hatta, Kamis (27/7/2023) dikutip dari rri.co.id. Menteri menegaskan, pencarian itu baru dihentikan sampai pihak otoritas Arab Saudi yang menyatakan bahwa, memang yang bersangkutan sudah tidak bisa ditemukan.

Saat ini, pihaknya terus berikhtiar. “Sampai nanti otoritas Arab Sausi menyatakan bahwa yang bersangkutan sudah tidak ditemukan. Kita masih terus berikhtiar dan berkoordinasi dengan pihak otoritas sana. Baik kepolisiannya atau tim SAR untuk terus mencari sampai ketemu,” kata Menag. (HS)

Tinggalkan Balasan