Peduli Kelestarian Lingkungan, Polda Sultra Tanam Ribuan Mangrove di Teluk Kendari

HALUANSULTRA.ID – Memperingati HUT RI ke- 78, Kepolisian Daerah (Polda) Sulawesi Tenggara (Sultra) melaksanakan penanaman bibit mangrove sebanyak 1000 pohon di Kawasan Kendari Beach pada Jumat (18/8/2023) Pagi. Kegiatan tersebut diprakarsai oleh Kapolri dan dilaksanakan serentak di seluruh Indonesia sekaligus HUT Polwan. Selain itu, ini merupakan program kepolisian terhadap pelestarian lingkungan dan mitigasi bencana.

“Kita bersyukur hari ini kita melaksanakan bakti sosial berupa penghijauan penanaman pohon yang dilaksanakan secara serentak di seluruh Indonesia,” kata Wakapolda Sultra, Brigjen Pol Dwi Iriyanto, di lokasi kegiatan. Wakapolda menjelaskan, kegitan penanaman mangrove di area Kendari Beach, merupakan kegitan rutin yang dilakukan jajaran Polda Sultra. Kontribusi Polda Sultra dalam kegitan lingkungan, merupakan salah satu komitmen yang akan terus dilakukan demi menjaga dan melestarikan lingkungan hidup.

“Pelestarian lingkungan sangat penting, terutama keberadaan pohon mangrove dalam menjaga kelestariannya dan ekosistem pantai,” terangnya. Menurutnya, mangrove memiliki banyak fungsi dalam menjaga ekosistem pantai dan lingkungan hidup, misalnya kemampuan untuk menyerap polusi serta sedimen agar tidak mengalir ke laut, lalu menjadi salah satu penghalang lumpur yang dapat merusak terumbuk karang, juga kemampuan menyerap karbon dioksida di udara. “Kemudian mangrove juga memiliki peranan penting dalam upaya mitigasi bencana berdasarkan penelitian mangrove secara signifikan, mulai mengurangi bencana banjir, badai, abrasi pantai dan dampak anomali cuaca.

Jenderal bintang satu ini berharap penanaman mangrove tersebut dapat dijaga dan dilestarikan dengan baik sebab, banyak manfaat dari mangrove tersebut.”Mangrove ini kan banyak fungsinya, mencegah abrasi, menyerap karbondioksida yang tidak baik. Dan juga di mangrove ini banyak ekosistem yang tumbuh”, jelasnya. (HS)

Tinggalkan Balasan